Menu Saat Servis Makan Bus AKAP Kerap Berbeda Tergantung Kelas

Kompas.com - 28/07/2022, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP dengan trayek yang jauh biasanya menawarkan servis makan di restoran. Hal ini dilakukan agar penumpang dan kru bisa beristirahat sambil makan.

Biasanya, operator bus punya restoran langganan, di mana di situ pasti jadi tempat berhenti dan makan. Selain itu, ada juga PO yang memiliki restoran sendiri seperti Rosalia Indah, Haryanto, dan lainnya.

A. M. Fikri, Pemerhati Transportasi Bus di Indonesia mengatakan, selain operator yang punya restoran sendiri, bus biasanya kerja sama dengan restoran untuk menyediakan menu untuk penumpang saat istirahat.

Baca juga: Percepat Elektrifikasi, PLN Hadirkan SPKLU untuk Bus Listrik

Kabin bus AKAP baru PO Metro PermaiDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP baru PO Metro Permai

"Biasanya rundingan (PO dan restoran), paket yg tersedia di Rumah Makan (RM) apa, yang dimaui perusahaan bus gimana," kata Fikri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Mengingat biasanya setiap kelas layanan bus kerap dipisah menunya. Misal untuk kelas VIP, menunya terbatas, sedangkan yang lebih mewah seperti super eksekutif, punya ruangan terpisah sampai pilihan lauk yang berbeda.

"Mungkin ada yang kelas Eksekutif, ada yang Super Eksekutif, ada yang model rebahan, tiketnya kan beda-beda, bisa aja paket menu makanannya seragam, bisa juga dibedakan berdasarkan kelasnya," kata Fikri.

Baca juga: Polisi Lakukan Buka Tutup Jalur di Citayam Fashion Week


Apalagi saat ini PO mulai memberi kenyamanan pada penumpangnya. Tidak jarang untuk kelas yang tinggi, menunya dibuat pilihan layaknya restoran bintang lima.

"Disiapkan seperti apa ya berdasarkan kesepakatan. Ada yang disajikan prasmanan, ada yang sudah dalam piring atau mangkok, atau banyak lainnya," kata Fikri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.