Benarkah Parkir Dekat Pemancar Remote Mobil Bisa Bermasalah?

Kompas.com - 28/07/2022, 14:41 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Remote menjadi salah satu fitur standar mobil, yang berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu. Bahkan, ada perkembangan pada fitur keamanan mobil modern menjadi smart key atau keyless

Namun demikian, berbagai masalah sering terjadi dan membuat panik. Salah satunya, remote tidak mendeteksi dan jadi kurang sensitif. 

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro mengatakan, selain baterai habis faktor penyebab remote gagal berfungsi akibat transmiter sinyal terganggu frekuensi pemancar radio. 

"Frekuensi sinyal radio, SUTET, atau jaringan telepon selular bisa menggangu transmisi sinyal remote alarm," katanya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Baca juga: Mitsubishi Xpander Naik Daun di Pasar Mobil Bekas Semarang

Soal gangguan sinyal, dia menambahkan, mobil yang mengadopsi teknologi smart key sangat sensitif dan mudah terpengaruh gelombang elektromagnetik. 

Interior All New Ertiga Hybrid Dicky Aditya Wijaya Interior All New Ertiga Hybrid

"Untuk memastikan, pengguna mobil bisa melihat apakah di dekat lokasi tempat parkir terdapat pemancar radio, atau jaringan seluler," ujar dia. 

Pendapat serupa di utarakan Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana. Modulasi frekuensi remote alarm mobil biasanya sama dengan frekuensi gelombang FM radio. 

"Posisi parkir mobil yang jaraknya dekat dengan tiang pemancar radio FM akan menggangu jangkauan frekuensi dari remote alarm mobil," ucapnya. 

Kata dia, gangguan sinyal pada varian mobil yang sudah dibekali kunci kontak, model keyless entry (smart key), tombol start bahkan tidak bisa berfungsi menghidupkan mesin.

"Kunci kontak tidak berfungsi dan harus mendekatkan remote dengan tombol start," kata dia lagi. 

Untuk menghidupkan mesin, lanjut dia, sebaiknya dengan cara mendekatkan remote pada tombol start stop. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.