Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Parkir Dekat Pemancar Remote Mobil Bisa Bermasalah?

Kompas.com - 28/07/2022, 14:41 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Remote menjadi salah satu fitur standar mobil, yang berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu. Bahkan, ada perkembangan pada fitur keamanan mobil modern menjadi smart key atau keyless

Namun demikian, berbagai masalah sering terjadi dan membuat panik. Salah satunya, remote tidak mendeteksi dan jadi kurang sensitif. 

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro mengatakan, selain baterai habis faktor penyebab remote gagal berfungsi akibat transmiter sinyal terganggu frekuensi pemancar radio. 

"Frekuensi sinyal radio, SUTET, atau jaringan telepon selular bisa menggangu transmisi sinyal remote alarm," katanya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Baca juga: Mitsubishi Xpander Naik Daun di Pasar Mobil Bekas Semarang

Soal gangguan sinyal, dia menambahkan, mobil yang mengadopsi teknologi smart key sangat sensitif dan mudah terpengaruh gelombang elektromagnetik. 

Interior All New Ertiga Hybrid Dicky Aditya Wijaya Interior All New Ertiga Hybrid

"Untuk memastikan, pengguna mobil bisa melihat apakah di dekat lokasi tempat parkir terdapat pemancar radio, atau jaringan seluler," ujar dia. 

Pendapat serupa di utarakan Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana. Modulasi frekuensi remote alarm mobil biasanya sama dengan frekuensi gelombang FM radio. 

"Posisi parkir mobil yang jaraknya dekat dengan tiang pemancar radio FM akan menggangu jangkauan frekuensi dari remote alarm mobil," ucapnya. 

Kata dia, gangguan sinyal pada varian mobil yang sudah dibekali kunci kontak, model keyless entry (smart key), tombol start bahkan tidak bisa berfungsi menghidupkan mesin.

"Kunci kontak tidak berfungsi dan harus mendekatkan remote dengan tombol start," kata dia lagi. 

Untuk menghidupkan mesin, lanjut dia, sebaiknya dengan cara mendekatkan remote pada tombol start stop. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com