Pemerintah Targetkan Penjualan Mobil Listrik Tembus 400.000 Unit di 2025

Kompas.com - 27/07/2022, 19:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Agus Tjahjana Wirakusumah menyatakan bahwa target penjualan mobil listrik di Indonesia hingga tahun 2025 belum berubah, yaitu 400.000 unit.

Begitu pun untuk sepeda motor listrik, yang ditargetkan terjual 1,7 juta unit pada periode yang sama. Sehingga pencapaian Net Zero Emission di 2060 bisa tercapai.

"Harapan kami dari peta jalan transisi energi yang sudah disusun bisa terlaksana di mana kendaraan listrik pada tahun 2025 sudah ada 400.000 unit dan 1,7 juta sepeda motor," kata dia dalam Talkshow PEVS 2022, Senin (26/7/2022).

Baca juga: Masalah Uang Jadi Kendala Pebalap Sulit Tembus ke MotoGP

Kolaborasi lima merek Jepang dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Nusa Dua, Bali, bergulir, Rabu (27/7/2022).Toyota Kolaborasi lima merek Jepang dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Nusa Dua, Bali, bergulir, Rabu (27/7/2022).

“Dan sudah tercipta komitmen serta kerjasama yang terbangun baik antara pemerintah, masyarakat dan swasta untuk mewujudkan Net Zero Emission pada tahun 2060,” lanjut Agus.

Menurut Agus, transisi energi menuju energi yang berkelanjutan merupakan satu hal yang paenting, di mana salah satu yang sedang menjadi concern yaitu Electric Vehicle (EV).

Hal tersebut diamini oleh Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko. Menurut dia, perkembangan mobil listrik telah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Pasalnya, mobil listrik terbukti secara teknologi sangat aman dan bermanfaat terhadap pengguna atau warga sekitar. Seperti, tidak ada gas emisi yang dihasilkan.

Baca juga: Polisi Targetkan ETLE Berlaku di Seluruh Provinsi pada September 2022

Namun menurutnya, perkembangan kendaraan listrik juga masih memiliki berbagai issue yang dihadapi masyarakat, terkait keselamatan kendaraan listrik, kemudahan pengisian daya, harga beli, dan nilai jual paska penggunaan.

Mobil listrik adalah sebuah jawaban agar kita bisa lompat lebih jauh. Terkait isu yang beredar di masyarakat, tidak perlu diresahkan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.