Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Uang Jadi Kendala Pebalap Sulit Tembus ke MotoGP

Kompas.com - 27/07/2022, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP merupakan tempatnya para pebalap dengan kemampuan yang luar biasa. Tidak mudah untuk bisa masuk ke dalam kejuaraan dunia ini.

Saat ini, MotoGP didominasi oleh para pebalap dari Spanyol dan Italia. Meski demikian, Fabio Quartararo yang merupakan pebalap asal Prancis tetap berhasil jadi juara dunia.

Baca juga: Johann Zarco Pilih Bastianini ke Tim Pabrikan Ducati

Melihat kesuksesan rekan sebangsanya tersebut, Zarco turut bangga. Dia sendiri berharap suatu saat ada banyak pebalap Prancis yang masuk ke MotoGP.

Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Untuk mengubahnya, kita harus memiliki performa di level ini setidaknya hingga sepuluh tahun. Mental yang dimiliki Spanyol dan Italia, saya pikir tidak dimiliki oleh Perancis," ujar Zarco, dikutip dari Motosan.es, Rabu (27/7/2022).

Menurutnya, sulit bagi pebalap untuk bisa masuk ke kejuaraan dunia MotoGP, mulai dari Moto3, Moto2, dan akhirnya ke MotoGP. Sebab, ajang balap motor ini membutuhkan banyak uang.

Baca juga: Miller Taxi Beraksi Lagi di MotoGP Amerika, Kali ini Stut Motor Zarco

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat menjalani latihan bebas keempat pada Grand Prix Catalunya di Sirkuit Catalunya, 4 Juni 2022. Fabio Quartararo yang saat ini memuncaki klasemen MotoGP 2022 akan kembali berlaga pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022), mendatang.AFP/PAU BARRENA Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat menjalani latihan bebas keempat pada Grand Prix Catalunya di Sirkuit Catalunya, 4 Juni 2022. Fabio Quartararo yang saat ini memuncaki klasemen MotoGP 2022 akan kembali berlaga pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022), mendatang.

"Olahraga ini menghabiskan banyak uang dan dalam periode ini semua menjadi sangat mahal. Kondisi ini sulit bagi banyak anak untuk berkompetisi di Perancis," kata Zarco.

Zarco menambahkan, alasan finansial tersebut menyebabkan banyak pebalap yang tidak memiliki biaya untuk bersaing di kejuaraan dunia, sekalipun punya potensi yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com