Masalah Uang Jadi Kendala Pebalap Sulit Tembus ke MotoGP

Kompas.com - 27/07/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP merupakan tempatnya para pebalap dengan kemampuan yang luar biasa. Tidak mudah untuk bisa masuk ke dalam kejuaraan dunia ini.

Saat ini, MotoGP didominasi oleh para pebalap dari Spanyol dan Italia. Meski demikian, Fabio Quartararo yang merupakan pebalap asal Prancis tetap berhasil jadi juara dunia.

Baca juga: Johann Zarco Pilih Bastianini ke Tim Pabrikan Ducati

Melihat kesuksesan rekan sebangsanya tersebut, Zarco turut bangga. Dia sendiri berharap suatu saat ada banyak pebalap Prancis yang masuk ke MotoGP.

Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Untuk mengubahnya, kita harus memiliki performa di level ini setidaknya hingga sepuluh tahun. Mental yang dimiliki Spanyol dan Italia, saya pikir tidak dimiliki oleh Perancis," ujar Zarco, dikutip dari Motosan.es, Rabu (27/7/2022).

Menurutnya, sulit bagi pebalap untuk bisa masuk ke kejuaraan dunia MotoGP, mulai dari Moto3, Moto2, dan akhirnya ke MotoGP. Sebab, ajang balap motor ini membutuhkan banyak uang.

Baca juga: Miller Taxi Beraksi Lagi di MotoGP Amerika, Kali ini Stut Motor Zarco

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat menjalani latihan bebas keempat pada Grand Prix Catalunya di Sirkuit Catalunya, 4 Juni 2022. Fabio Quartararo yang saat ini memuncaki klasemen MotoGP 2022 akan kembali berlaga pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022), mendatang.AFP/PAU BARRENA Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat menjalani latihan bebas keempat pada Grand Prix Catalunya di Sirkuit Catalunya, 4 Juni 2022. Fabio Quartararo yang saat ini memuncaki klasemen MotoGP 2022 akan kembali berlaga pada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022), mendatang.

"Olahraga ini menghabiskan banyak uang dan dalam periode ini semua menjadi sangat mahal. Kondisi ini sulit bagi banyak anak untuk berkompetisi di Perancis," kata Zarco.

Zarco menambahkan, alasan finansial tersebut menyebabkan banyak pebalap yang tidak memiliki biaya untuk bersaing di kejuaraan dunia, sekalipun punya potensi yang besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.