Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompresor AC Mobil Berisik, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 13/09/2020, 09:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna mobil (terutama berusia di atas 5 tahun) adalah kompresor AC yang berbunyi cukup keras atau kasar saat beroperasi. Suara aneh itu akan hilang saat kompresor tidak bekerja.

Banyak juga yang menyebutkan suara kasar kompresor itu dengan “ngorok”. Banyak penyebabnya, termasuk kurangnya oli kompresor atau piston di dalamnya aus.

“Ini bisa menjadi tanda-tanda awal kerusakan AC mobil. Segera bawa ke bengkel sebelum semakin parah rusaknya,” ujar Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong kepada Kompas.com Sabtu (12/9/2020)

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino, Yamaha Mendominasi Termasuk Rossi

Berikut indikasi masalah dan efeknya saat kompresor mulai berisik:

1. Suara ngorok mirip gesekan benda logam bisa jadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing.

Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tapi lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

Kompresor AC rusakStanly/Otomania Kompresor AC rusak

2. Hilangnya kompresi pada kompresor.

“Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refrigerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang,” kata Kelvin.

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh, Jangan Biasakan Minum Suplemen

3. Magenetic clutch bermasalah. Komponen ini yang sudah menghubungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, embusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

4. Kebocoran saluran AC. Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompesor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

Pada kasus tertentu, menurut Kelvin masih bisa diperbaiki. Namun, kalau sudah akut, diperbaiki hanya akan mengembalikan fungsinya. Suara akan tetap berisik jika tidak ganti kompresor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com