Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kolaborasi Bikin Mobil Sport 1.000 cc

Kompas.com - 27/07/2022, 14:43 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah bukan hal aneh melihat Toyota berkolaborasi dengan pabrikan otomotif lainnya. Toyota sudah banyak melahirkan mobil hasil kolaborasi dan diterima cukup baik di pasaran.

Contohnya, Toyota dan Daihatsu yang melahirkan Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Lalu, Toyota juga berkolaborasi dengan Subaru yang melahirkan GR86 dan BRZ. Toyota dan BMW juga melahirkan Supra dan Z4.

Dikutip dari Forbes.com, Rabu (27/7/2022), Toyota akan berkolaborasi dengan Daihatsu dan Suzuki. Kerjasama ini kabarnya bertujuan untuk membuat mobil sport berukuran kecil.

Baca juga: Unik, Pria Ini Berkemah Pakai Mobil Sport Toyota GR86

Meskipun Toyota juga bisa memproduksinya sendiri, seperti GR Yaris dan GR Corolla yang belum lama ini dirilis, tapi dengan berkolaborasi akan menekan biaya produksi lebih efektif.

Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift TurboDok. Kingautos.net Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift Turbo

Jadi, bisa saja Toyota membuat mobil sport dua pintu dengan platform GA-B dari GR Yaris. Sementara Suzuki, akan mendonasikan mesin 1.0 L, 3-silinder, turbocharged, yang diambil dari Swift Turbo.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sekitar 110 tk. Tapi, untuk mobil sport kompak ini bisa ditingkatkan menjadi 150 tk.

Dengan dimensinya yang kompak, maka power-to-weight ratio obil tersebut akan sangat baik dan bisa menghasilkan performa yang lebih baik lagi.

Baca juga: Nissan Z Meluncur, Mobil Sport Bergaya Retro Penerus 370Z

Sementara untuk sistem transmisi, kabarnya juga akan didonasikan oleh Suzuki dengan torque converter automatic 6-percepatan.

Suzuki Swift Turbomotor1.com Suzuki Swift Turbo

Jika lihat dari desain yang beredar, kolaborasi tiga pabrikan otomotif ini akan membuat mobil sport dengan mesin tengah dan bodi yang aerodinamis.

Kabarnya, mobil sport kompak ini akan dipasarkan pada 2025 dengan banderol di kisaran 20.000 dollar AS atau sekitar Rp 300 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com