Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kolaborasi Bikin Mobil Sport 1.000 cc

Kompas.com - 27/07/2022, 14:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah bukan hal aneh melihat Toyota berkolaborasi dengan pabrikan otomotif lainnya. Toyota sudah banyak melahirkan mobil hasil kolaborasi dan diterima cukup baik di pasaran.

Contohnya, Toyota dan Daihatsu yang melahirkan Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Lalu, Toyota juga berkolaborasi dengan Subaru yang melahirkan GR86 dan BRZ. Toyota dan BMW juga melahirkan Supra dan Z4.

Dikutip dari Forbes.com, Rabu (27/7/2022), Toyota akan berkolaborasi dengan Daihatsu dan Suzuki. Kerjasama ini kabarnya bertujuan untuk membuat mobil sport berukuran kecil.

Baca juga: Unik, Pria Ini Berkemah Pakai Mobil Sport Toyota GR86

Meskipun Toyota juga bisa memproduksinya sendiri, seperti GR Yaris dan GR Corolla yang belum lama ini dirilis, tapi dengan berkolaborasi akan menekan biaya produksi lebih efektif.

Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift TurboDok. Kingautos.net Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift Turbo

Jadi, bisa saja Toyota membuat mobil sport dua pintu dengan platform GA-B dari GR Yaris. Sementara Suzuki, akan mendonasikan mesin 1.0 L, 3-silinder, turbocharged, yang diambil dari Swift Turbo.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sekitar 110 tk. Tapi, untuk mobil sport kompak ini bisa ditingkatkan menjadi 150 tk.

Dengan dimensinya yang kompak, maka power-to-weight ratio obil tersebut akan sangat baik dan bisa menghasilkan performa yang lebih baik lagi.

Baca juga: Nissan Z Meluncur, Mobil Sport Bergaya Retro Penerus 370Z

Sementara untuk sistem transmisi, kabarnya juga akan didonasikan oleh Suzuki dengan torque converter automatic 6-percepatan.

Suzuki Swift Turbomotor1.com Suzuki Swift Turbo

Jika lihat dari desain yang beredar, kolaborasi tiga pabrikan otomotif ini akan membuat mobil sport dengan mesin tengah dan bodi yang aerodinamis.

Kabarnya, mobil sport kompak ini akan dipasarkan pada 2025 dengan banderol di kisaran 20.000 dollar AS atau sekitar Rp 300 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.