Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Minta Ganti

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara atau air conditioner (AC) pada mobil, sangat berhubungan erat dengan kenyamanan pengendara.

Artinya, ketika ada penurunan performa AC dalam mendinginkan udara di dalam kabin, alias tak lagi sejuk, maka akan langsung terasa.

Bila sudah demikian, otomatis pengendara harus melakukan pengecekan. Lebih baik lagi bila pengendara bisa mengidentifikasi permasalahan yang terjadi.

Seperti bila kompresor AC bermasalah dan perlu segera diganti, tanda-tandanya bisa dirasakan dari dalam kabin.

Nah, seperti apa lebih tepatnya tanda-tanda tersebut?

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan mengatakan, bila kompresor AC bermasalah biasanya menimbulkan bunyi cukup keras yang terdengar dari dalam kabin.

“Suaranya ngorok, itu bisa dijadikan tanda kompresor bermasalah atau aus, tapi untuk memastikan perlu didengarkan dengan alat bantu sound skup, jadi bisa mempersempit ruang lingkup bunyi dari getaran yang dihasilkan,” ucap Agus, kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2022).

Agus menjelaskan, bunyi kompresor mudah dikenali, karena ketika mesin mobil dinyalakan, normalnya AC tidak ada bunyi tersebut.

Tentu, sebagai pengendara akan lebih peka membedakan suara-suara aneh yang biasanya tidak ada pada kendaraan.

“Bisa juga dengan memainkan switch AC, ketika AC Off mesin hidup, apakah bunyi tersebut masih ada atau tidak. Jika tidak maka dapat dipastikan masalahnya ada pada seputar kompresor, alternator, dan semua komponen yang berputar bersama drive belt,” ucap Agus.

Dari frekuensi bunyinya juga bisa dikenali. Bagaimana suara yang dimaksud jika didengarkan dan bagaimana bunyi setiap komponen yang ditempel sound skup.

Bunyi pada setiap komponen bisa disamakan frekuensinya, mana yang paling mirip, itu lah komponen yang rusak.

“Perlu segera diganti kalau kompresor sudah bunyi ngorok, biasanya diikuti dengan menurunnya kualitas oli freon yang jadi hitam. Sehingga dapat membuat pembengkakan biaya untuk membersihkan saluran freon pada sistem AC,” ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/27/153100015/kenali-ciri-ciri-kompresor-ac-mobil-minta-ganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke