Kompas.com - 26/07/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandeng 14 produsen kendaraan listrik dan Grab Indonesia, PT PLN (Persero) siap mendukung transisi energi bersih dengan memasifkan penggunaan kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, percepatan transisi energi perlu dilakukan untuk mewujudkan target karbon netral pada 2060 serta menekan ketergantungan terhadap impor bahan bakar minyak (BBM).

Langkah ini bisa dilakukan salah satunya dengan memasifkan penggunaan kendaraan listrik yang berbasis energi domestik, murah, dan ramah lingkungan.

"Untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik kita harus berkolaborasi. Hari ini menjadi salah satu tonggak sejarah dalam mewujudkan ketahanan energi nasional serta membantu menyelamatkan keuangan negara akibat impor BBM yang terus meningkat," kata Darmawan, dalam keterangan resminya, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Kendala Kendaraan Listrik Belum Diterima Masyarakat Indonesia

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan produsen kendaraan listrik, yakni Hyundai, Nissan, Toyota, Wuling, DFSK, Mitsubishi, Mercedes-Benz untuk kategori mobil, dan Gesits, TVS, Hyundai Kefico, Smoot Motor Indonesia, Volta, Tankas, dan Viar untuk sepeda motor.

PLN gandeng 14 ATPM percepat kendaraan listrikPLN PLN gandeng 14 ATPM percepat kendaraan listrik

Kolaborasi meliputi bundling paket kendaraan listrik dengan layanan home charging dari PLN hingga kolaborasi membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), juga joint study menyusun langkah strategis pengembangan ekosistem KBLBB di Indonesia.

Melalui paket tersebut, pembeli mobil listrik dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang bekerja sama, bisa lebih mudah dalam mendapatkan fasilitas kelistrikan.

Konsumen diklaim tak perlu bingung mengisi daya kendaraan listrik, lantaran home charging sudah disediakan dalam satu paket dengan pembelian mobil. Termasuk juga pemasangannya secara gratis.

Setelah terpasang, akan langsung disambungkan ke sistem PLN agar pelanggan dapat memantau penggunaan listrik untuk home charging di aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: Konversi Vespa Klasik Jadi Vespa Listrik, Hanya Butuh 3 jam


Selain itu, PLN juga memberikan diskon 30 persen tarif listrik pada pengguna yang melakukan home charging antara pukul 22.00-05.00 WIB.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.