Kompas.com - 25/07/2022, 20:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini sedang menggencarkan soal kendaraan listrik di Indonesia. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, badan usaha milik negara dan swasta diminta bekerja sama mendukung program ini.

Tak hanya itu, ajakan pemerintah menjalankan program mobil listrik adalah untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan, mobil listrik sebetulnya merupakan sebuah jawaban masyarakat dalam menghadapi harga BBM yang semakin mahal.

Baca juga: Apa Benar, Pakai Nitrogen Pelek Jari-jari Bisa Karatan?

“Subsidi untuk BBM itu luar biasa, pernah saya katakan pemerintah sangat mengerti bahwa saat ini masyarakat sedang sulit BBM subsidi, dan BBM ratusan triliun juga menyulitkan pemerintah,” ucap Moeldoko di Kemayoran, di JIEXpo Kemayoran, Senin (25/7/2022).

“Maka sebenarnya mobil listrik sebuah jawaban agar kita bisa melompat, bayangkan jika semua menggunakan mobil listrik ratusan triliun itu dialihkan untuk membangun sumber daya manusia,” lanjutnya.

Sepeda Listrik dari Brand Selis di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com Sepeda Listrik dari Brand Selis di PEVS 2022

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier. Ia mengatakan, 1 unit bus listrik setara dengan konsumsi 30 sedan.

“Bayangkan kalau Ibu Kota Jakarta transportasi publiknya menggunakan bus listrik, secara matematis hitungannya adalah 1.000 mobil listrik itu bisa menurunkan 500 barel minyak per hari. Jadi kalau satu tahun 1.000 mobil listrik itu dikalikan 360 hari, berarti 180.000 barel minyak akan dihemat oleh negara. Hitungannya 1 banding 30,” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Hadir di PEVS 2022, Aerobus Sky Train Tawarkan Transportasi Masa Depan

Meski begitu, Moeldoko mengatakan, perkembangan mobil listrik saat ini mendapat tempat di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang melahirkan inovasi baru di kendaraan listrik mulai dari mobil balap, sepeda motor, hingga sepeda listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.