Motor Listrik Murah di Indonesia, Cuma Rp 11 Jutaan

Kompas.com - 25/07/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen baterai pintar untuk sepeda motor listrik, Oyika menghadirkan sejumlah motor listrik untuk konsumen di Indonesia. Semuanya dipamerkan di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Salah satu motor listrik yang ditawarkan, ialah NIU Gova. Salah seorang tenaga penjual di Oyika menjelaskan, harga yang berlaku ini hanya bisa dinikmati pengunjung selama pameran.

Baca juga: Oyika Hadirkan Motor Listrik Murah di Indonesia, Mulai Rp 9 Jutaan

"Makanya kenapa murah, anggap harga di sana (harga asli) dikurang harga ini (motor di Oyika) itu harga baterai ketika rusak garansi hilang," ucap pramuniaga tersebut saat ditemui Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Ia menjelaskan, motor yang dijual Oyika lebih murah karena tidak termasuk baterai. Sehingga untuk pengisian daya, konsumen tidak melakukan charging di rumah, namun dengan sistem swap baterai.

Motor NIU Gova di OyikaDok. Sales Oyika Motor NIU Gova di Oyika

Baca juga: Alasan Polisi Hapus Data STNK jika Menunggak Pajak Kendaraan 2 Tahun

"Kita ada biaya berlangganan buat baterainya. Karena baterainya itu kita garansi selama berlangganan. Jadi, biaya berlangganannya itu Rp 300.000, 30 hari, bebas tukar (baterai)," jelas dia.

"Konsumen cukup memikirkan biaya berlangganannya saja. Enggak usah memikirkan apakah baterainya rusak atau tidak, itu tanggung jawab perusahaan kita," lanjut dia.

Ini yang membedakan motor listrik NIU di booth dengan yang dihadirkan Oyika. Karena pada motor listrik NIU, baterainya merupakan baterai tanam.


 

Pengisian daya pada motor NIU yang menggunakan baterai tanam dilakukan dengan menghubungkan motor ke soket listrik menggunakan kabel yang tersedia, dengan waktu charging sekitar 6 jam.

Sebagai informasi, harga motor listrik NIU Gova dengan baterai tanam dibanderol sekitar Rp 25,8 jutaan. Konsumen bisa memilih di antara kedua opsi, motor listrik dengan baterai atau tanpa baterai dengan sistem swap di Oyika.

Selisih harganya cukup besar, yaitu sekitar Rp 14 jutaan. Namun, konsumen harus memikirkan biaya berlangganan swap baterai setiap bulannya, dengan harga Rp 300.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.