Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Operasikan Lagi Bus Warna Pink Khusus Wanita

Kompas.com - 25/07/2022, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali mengoperasikan bus "pink" khusus penumpang wanita.

Bus ini resmi beroperasi pada Senin, 25 Juli 2022. Sebelumnya operasi bus ini disebut berhenti karena kebijakan saat pandemi.

Pengoperasian bus pink ini merupakan komitmen dari TransJakarta untuk memberikan layanan yang aman dan nyaman terutama bagi pelanggan wanita.

Baca juga: Harga Motor Listrik Bekas Bisa Turun sampai 40 Persen

Pengemudi transjakarta pinky, Dahlia. Dahlia mengendarai bus transjakarta khusus perempuan. Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Pengemudi transjakarta pinky, Dahlia. Dahlia mengendarai bus transjakarta khusus perempuan.

"Jadi bus ini memang khusus untuk perempuan. Termasuk di dalamnya ada pengemudi khusus untuk perempuan dan juga ada petugas layanan yang juga memang perempuan," ujar Humas TransJakarta Wibowo, disitat dari Antara (25/7/2022).

Bus Pink nantinya akan melayani rute Pasar Baru-Kalideres (Koridor 3). Saat ini tersedia delapan armada bus dan akan lakukan penambahan secara bertahap sesuai kebutuhan.

"Ya pasti kita akan lihat dengan kebutuhan, permintaan kita sesuaikan dengan operasional TransJakarta, kita akan lakukan penambahan secara bertahap," ucap Wibowo.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir Bisa Bikin Macet?

Bus pink ini beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler dan tidak ada perbedaan dengan bus lainnya, yaitu Rp 3.500.

Sebelumnya, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor menyebutkan pengoperasian kembali armada bus pink ini sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan mengatasi masalah pelecehan.

"Kenyamanan pelanggan prioritas utama kami. Pelayanan bus pink ini merupakan salah satu upaya TransJakarta ikut menangani masalah pelecehan dalam transportasi publik,” ujar Anang di Jakarta, Minggu (24/7/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com