Transjakarta Operasikan Lagi Bus Warna Pink Khusus Wanita

Kompas.com - 25/07/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali mengoperasikan bus "pink" khusus penumpang wanita.

Bus ini resmi beroperasi pada Senin, 25 Juli 2022. Sebelumnya operasi bus ini disebut berhenti karena kebijakan saat pandemi.

Pengoperasian bus pink ini merupakan komitmen dari TransJakarta untuk memberikan layanan yang aman dan nyaman terutama bagi pelanggan wanita.

Baca juga: Harga Motor Listrik Bekas Bisa Turun sampai 40 Persen

Pengemudi transjakarta pinky, Dahlia. Dahlia mengendarai bus transjakarta khusus perempuan. Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Pengemudi transjakarta pinky, Dahlia. Dahlia mengendarai bus transjakarta khusus perempuan.

"Jadi bus ini memang khusus untuk perempuan. Termasuk di dalamnya ada pengemudi khusus untuk perempuan dan juga ada petugas layanan yang juga memang perempuan," ujar Humas TransJakarta Wibowo, disitat dari Antara (25/7/2022).

Bus Pink nantinya akan melayani rute Pasar Baru-Kalideres (Koridor 3). Saat ini tersedia delapan armada bus dan akan lakukan penambahan secara bertahap sesuai kebutuhan.

"Ya pasti kita akan lihat dengan kebutuhan, permintaan kita sesuaikan dengan operasional TransJakarta, kita akan lakukan penambahan secara bertahap," ucap Wibowo.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir Bisa Bikin Macet?

Bus pink ini beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler dan tidak ada perbedaan dengan bus lainnya, yaitu Rp 3.500.

Sebelumnya, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor menyebutkan pengoperasian kembali armada bus pink ini sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan mengatasi masalah pelecehan.

"Kenyamanan pelanggan prioritas utama kami. Pelayanan bus pink ini merupakan salah satu upaya TransJakarta ikut menangani masalah pelecehan dalam transportasi publik,” ujar Anang di Jakarta, Minggu (24/7/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.