Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Karoseri Meluncurkan Bodi Bus Baru?

Kompas.com - 25/07/2022, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan model bodi bus di Indonesia kini semakin pesat. Setiap karoseri memiliki produk yang punya ciri khas, sehingga membuat populasi bus di jalanan tidak membosankan.

Namanya produk, pasti ada waktunya untuk diperbarui atau dikeluarkan model terbaru. Hal ini dilakukan agar bodi bus tidak ketinggalan zaman dan semakin menarik perhatian.

Lalu sebenarnya apakah ada periode yang tepat kapan waktunya untuk meluncurkan model bus terbaru?

Baca juga: MAB Klaim Bus Listriknya Sudah Laris Puluhan Unit

Bus AKAP baru PO Rajawali Citra Transport pakai bodi Dehanda Triun DX dari Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Bus AKAP baru PO Rajawali Citra Transport pakai bodi Dehanda Triun DX dari Karoseri Trijaya Union

Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana mengatakan, peluncuran model bus terbaru mengikuti kondisi pasar, tidak ada kurun waktu setiap berapa tahun keluar yang baru.

"Itu tergantung pasar, lihat pergerakan kompetitor juga tren," ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Misalnya seperti generasi terbaru dari Legacy, produk bus besar dari Laksana. Generasi kedua dari Legacy diluncurkan pada 2016 dan yang terbaru, yakni Legacy SR3 rencananya dirilis di GIIAS 2022, terpaut enam tahun.

Baca juga: Simulasi Kredit Hyundai Stargazer, Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

"Kita mau launching (SR3) sekitar 2020, cuma ternyata kan pas pandemi, jadi diundur," kata Werry.

Selain itu, jika meluncurkan produk terbaru dalam periode yang terlalu mepet, bisa merugikan operator. Seperti yang disampaikan Dhimas Yuniarso, Direktur Utama Karoseri Trijaya Union.

"Nanti saat baru keluar busnya, tiba-tiba sudah ada model baru. Jadi modelnya dia jadi model lama. Terus nanti kompetitor beli model baru, sudah kalah model," ucap Dhimas.

Menurutnya, waktu yang ideal meluncurkan bodi bus baru adalah tujuh tahun. Kemudian di antara tujuh tahun tersebut bisa dilakukan facelift setiap tiga tahun.

"Facelift kan aksesori, jadi yang lama pun bisa di-upgrade. Bumper boleh ganti, lis-lis, selendang, enggak total, basisnya sama," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com