Kompas.com - 24/07/2022, 08:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang dihelat pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menghadirkan berbagai sajian menarik.

Selain kehadiran produk otomotif baru, area test drive atau menjajal kendaraan di dalam ruangan, ternyata ada juga beberapa kendaraan listrik yang unik. Mulai truk sampah listrik, taksi terbang, hingga kereta gantung listrik.

"Kami berupaya menghadirkan ekosistem kendaraan listrik dalam pameran ini. Jadi tidak hanya mobil dan motor, ada juga bus, truk, sampai aerobus dengan kereta gantung listrik," kata Project Manager PEVS 2022 Rudi MF.

Baca juga: Seberapa Luas Kabin Penumpang Mobil Listrik Mungil Wuling Air ev?

"Untuk taksi terbang yang dibawa oleh Prestige Image Motorcars, kami juga punya rencana untuk dilakukan suatu demonstrasi yang menarik. Nantikan saja, kejutan," tambahnya.

Lebih rinci, berikut empat kendaraan listrik berbasis baterai yang unik di PEVS 2022:

Truk listrik PT MABKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk listrik PT MAB

1. Truk sampah listrik

Kendaraan listrik yang menarik di lantai pameran ialah truk sampah listrik besutan PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Memang desainnya begitu sederhana, tidak banyak tarikan garis tegas di bodi karena peruntukannya sebagai compactor.

Dijelaskan B. Prabowo Kartoleksono, Head of Business Development, Sales & After Sales Service PT MAB, truk sampah untuk PT Groen Indonesia itu dibuat dari nol.

"Desainnya unik, low entry atau low floor. Kita juga pakai untuk garbage compactor kita bikin tinggi belakangnya," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Bentuk kepala truknya kotak namun dengan sudut-sudut tumpul. Selain bagian perlampuan juga sederhana, bentuknya bulat dengan tambahan warna hitam yang memberi kesan kaca depan berukuran besar.

Baca juga: MAB Pamer Truk Listrik di PEVS 2022, Buat Angkut Sampah

Truk listrik PT MABKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk listrik PT MAB

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.