Alex Rins Resmi Gabung Tim Satelit LCR Honda Kontrak 2 Tahun

Kompas.com - 20/07/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa depan pebalap MotoGP Alex Rins akhirnya terjawab. Pebalap berusia 26 tahun ini akhirnya menandatangani kontrak dengan tim satelit LCR Honda Castrol selama dua tahun ke depan.

Karir balap Rins sempat terancam karena tim MotoGP Suzuki Ecastar mengumumkan resmi mundur dari kejuaraan mulai musim depan. Artinya, tahun ini menjadi seri terakhir Rins balapan untuk tim Suzuki.

“Saya sangat senang bergabung dengan tim LCR Honda. Mengganti tim dan motor merupakan tantangan tapi saya siap untuk memberikan 100 persen dalam latihan dan memberikan semuanya yang pernah saya pelajari bertahun-tahun di MotoGP,” ucap Rins, dalam keterangan resmi Honda, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Pindah ke LCR Honda, Alex Rins Ingin Bawa Kru dari Suzuki

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Rins juga otomatis menggantikan pebalap sebelumnya, Alex Marquez yakni adik kandung dari Marc Marquez. Alex memilih pindah ke tim satelit Ducati Gresini Racing Team untuk musim yang sama.

Rins mengatakan, kepercayaan yang diberikan Lucio Cecchinello, prinsipal sekaligus CEO LCR Honda, sangat kursial bagi karir balapan di level tertinggi. Keputusan bergabung dengan tim satelit ini, kata Rins, tetap menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya.

“Saya mau mengucapkan banyak terima kasih untuk kesempatan yang telah diberikan,” kata Rins.

Lucio Cecchinello mengatakan, Rins akan berjuang bersama tim LCR Honda Castrol sebagai pebalap mulai 2023 mendatang. Kekayaan pengalaman dan kemampuan Rins memberikan masukan yang tepat pada teknisi, bakal membuat tim ini meningkatkan kemampuan motor. Targetnya, mendapat lebih banyak podium.

Baca juga: Bicara Nasib Alex Rins di MotoGP 2023, Harus Rela Dibayar Rendah

Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

“Kami baru saja selesai tanda tangan kontrak, semua tiga pihak, akhirnya bisa mengumumkan ke publik. Rins adalah pebalap berpengalaman, cepat, dan punya target podium,” kata Lucio.

Alex Rins merupakan pebalap berdarah Barcelona, Spanyol, memulai debut balap profesional pada 2012 dengan Honda di kelas Moto3. Rins kemudian naik ke kelas premier pada 2017, berhasil mengoleksi 15 kemenangan, termasuk tiga kali di kelas MotoGP, dan total 55 podium, 15 di antaranya dari MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.