Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restorasi Apik Volkswagen Golf Mk1, Ganteng Maksimal dengan 2 Pintu

Kompas.com - 17/07/2022, 08:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pameran mobil antik Jogja Volkswagen Festival 2022 diikuti oleh puluhan dengan mobil beragam. Ada yang masih original, restorasi bahkan ada mobil replika buatan sendiri. Semuanya langka, antik dan harganya tidak terukur.

Salah satu peserta adalah Purwanto, pemilik mobil Volkswagen Golf Mk1. Dia melakukan restorasi Golf generasi pertama ini, dibantu oleh Ambrosekunst bengkel spesialis VW yang bisa memodifikasi serta merestorasi VW MK1.

Mobil tahun 1978-an ini diluncurkan oleh Volkswagen sebagai penerus VW Beetle atau lebih dikenal sebagai VW Kodok. Sehingga, mobil ini sudah termasuk jarang apalagi ditemukan dengan kondisi mulus seperti milik Poer, sapaan akrabnya.

Baca juga: Tuksedo Studio Ramaikan JVWF 2022 dengan Replika Porsche Legendaris

Mesin Toyota 4A-GE yang digunakan VW Golf MK1 dalam JVWF 2022Erwin Setiawan Mesin Toyota 4A-GE yang digunakan VW Golf MK1 dalam JVWF 2022

Poer mengatakan, butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan restorasi mobil tersebut. Mulai dari pemilihan mesin, menata letak, perombakan bodi, penyesuaian kaki-kaki serta melakukan pengecatan.

“Butuh waktu dua tahunan, selain karena dicicil, mengatur tata letak mesin yang berbeda di mobil ini sangat sulit, harus teliti dan pas,” ucap Poer  kepada Kompas.com, Sabtu (16/7/2022).

Dia mengatakan mobil tersebut sebenarnya Mk1 tipe 4 pintu, lalu diubah menjadi 2 pintu seperti kebanyakan mobil Mk1 yang ada di Indonesia. Hal itu menjadikan pencarian part original VW Mk1 lebih mudah.

Baca juga: Ribuan Mobil Volkswagen Berkumpul di JVWF 2022

Interior VW MK1 restorasi di JVWF 2022.Erwin Setiawan Interior VW MK1 restorasi di JVWF 2022.

“Ini diubah menjadi 2 pintu, menyesuaikan part yang ada di Indonesia, jadi trimnya itu original punya VW. Hanya, memang susah mengubah mobil 4 pintu menjadi 2 pintu, kalau pengerjaanya tidak rapi hasilnya bakal kurang maksimal,” ucap pria pencinta otomotif ini.

Dia juga menjelaskan, VW Mk1 miliknya sudah tidak lagi menggunakan mesin dan transmisi VW melainkan menggunakan mesin Toyota 4A-GE Blacktop 2000 cc yang biasa dipakai Toyota Trueno atau AE86 di serial kartun Initial D. Hal itu membuat VW MK1 milik Purwanto serasa mobil sport Jepang.

“Ini mesin dan gearbox-nya pakai punya Toyota 4A-GE Blacktop, jadi susah banget ngepasin dudukannya itu biar as rodanya presisi,” ucap Poer.

Baca juga: Coba Tebak, Ini VW Golf atau Suzuki Baleno?

VW Golf MK1 di JVWF 2022Erwin Setiawan VW Golf MK1 di JVWF 2022

Dia mengatakan belum berpikir untuk menjual MK1 miliknya karena itu masih baru jadi. Dia juga menjelaskan rincian biaya restorasi yang menyentuh angka Rp 300 jutaan.

“Bahannya, mobil VW MK1 ini sih hanya Rp 17 jutaan, tapi mesin dan gearbox-nya sekitar Rp 100 jutaan, belum kaki-kakinya Rp 50 jutaan, terus interior juga Rp 50 jutaan, kalau ditotal semua ya hampir habis Rp 300 jutaan,” ucap dia lagi.

Memang membutuhkan modal yang tidak sedikit agar hasil restorasi Volkswagen Golf generasi pertama ini memiliki hasil maksimal dan tentu nyaman dikendarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com