Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermasalah, Penjualan VW Golf GTI Dihentikan

Kompas.com - 09/07/2014, 12:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Washington, KompasOtomotif - Volkswagen AG meminta jaringan pemasaran di Amerika Serikat dan Kanada untuk menghentikan penjualan sekitar 800 unit Golf dan varian GTI. Penghentian dilakukan karena ada dugaan kesalahan pada proses produksi khususnya komponen kemudi.

Menurut berkas laporan yang dimiliki Automotive News, bagian stabilizer roda depan dipasang kurang kencang, sehingga bisa menyebabkan bunyi yang tidak menyenangkan. Dalam kondisi terburuk, jika dibiarkan bagian ini bisa copot sehingga lingkar kemudi sulit dikendalikan, tentunya berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Dicurigai terdapat 2.001 unit Golf yang bermasalah di AS, ditambah 446 unit dipasarkan di Kanada. Dari jumlah itu, 705 unit dan 108 merupakan stok di AS dan Kanada, sisanya sudah dijual ke konsumen.

Mark Gillies, juru bicara VW mengatakan, sebagian dari kendaraan yang ada dipastikan tidak terkena masalah ini dan masih bisa dijual. VW juga dikabarkan sudah melaporkan masalah ini pada pihak berwenang yang kemudian menganjurkan untuk segera melakukan kampanye perbaikan massal (recall).

"Sejauh yang kami tahu, belum ada konsumen yang mengalami masalah ini," tulis Gillies, dilansir Automotive News (8/7/2014).

Keputusan ini dipastikan akan mempengaruhi awal-awal penjualan GTI yang baru dijual mulai Mei, disusul Golf pada Agustus. Model ini sudah lebih dulu dipasarkan di Eropa, lebih dari setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com