Modifikasi Honda Monkey Ala Moto Guzzi Jadul

Kompas.com - 13/07/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toko motor custom asal Jepang, Dope, merilis motor modifikasi Honda Monkey Z125 yang tak lazim. Motor "kuntet" ini dimodifikasi jadi motor bergaya motor balap jadul.

Konsepnya tidak main-main yaitu meniru gaya motor balap Moto Guzzi tahun 1950-an. Skemanya dapat dilihat dari fairing kembung di depan yang menutupi ban dan bodi samping.

Baca juga: Masalah Klasik Bus AKAP, Sering Telat dan Tak Tepat Waktu

Honda Monkey bergaya motor balap Moto Guzzi V8 tahun 1950-anFoto: Young Machine Honda Monkey bergaya motor balap Moto Guzzi V8 tahun 1950-an

Mengutip Young Machine, motor ini dikatakan sebagai penghormatan untuk motor balap Grand Prix Moto Guzzi V8 Racer 1955 "Otto Chillindri" yang mengusung mesin V8.

Untuk mendapat proporsi yang sesuai Dope mengubah bentuk tempat duduk sedikit ke belakang. Tangkinya masih standar tapi setangnya kini model bongkok.

Baca juga: Normal atau Tidak, Tuas Transmisi Manual Bergetar Saat Mobil Jalan?

Moto Guzzi V8 Racer 1955 Otto Chillindri Foto: Young Machine Moto Guzzi V8 Racer 1955 Otto Chillindri

Fairing depan ekstra besar ini sering disebut dustbin fairing. Fairing jenis inidiyakini dapat membelah angin, namun dekade kemudian ditanggalkan karena kurang ergonomis.

Selain itu jalannya balap jadi terganggu karena pabrikan mengembangkan bentuk yang semakin besar. Di arena balap penggunaannya resmi dilarang pada 1958.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.