Cara Cegah Munculnya Bercak Karat pada Piringan Cakram

Kompas.com - 11/07/2022, 10:02 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ritual cuci mobil wajib dilakukan para pemilik untuk menjaga tampilan tetap bersih. 

Walau demikian, ada beberapa hal yang tak boleh diabaikan pemilik mobil usai mencuci, yakni memperhatikan bagian disc brake. 

Pasalnya, banyak kejadian setelah mobil di cuci dan langsung didiamkan, mendadak piringan cakram muncul bercak karat. Belum lagi bagian lainnya yang bisa saja mempengaruhi sistem rem. 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Harianto mengatakan, sehabis mobil di cuci ada baiknya setelah mendiamkan pemilik mencoba melakukan pengecekan sistem rem dengan melakukan gerakan maju mundur. 

Baca juga: Harga BBM Pertamina Resmi Naik, Ini Detail Harga Lengkapnya

Karat pada bagian piringan disc brake. Dicky Aditya Wijaya Karat pada bagian piringan disc brake.

"Cara ini selain tau rem tetap pakem atau sedikit kurang pakem juga dapat membersihkan endapan air sisa bekas cuci mobil. Sehingga bagian kampas rem dan disc brake tidak jadi sarang tumbuhnya bercak karat," ucap dia kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Teguh menjelaskan, mobil yang dibiarkan parkir setidaknya sehari tanpa sadar bisa ditemukan bercak karat pada bagian rem.

Bila kondisi tersebut dibiarkan, ada kemungkinan membuat brake pad jadi rawan kotor. Hasilnya, dari komponen rem timbul suara berdecit dan pedal rem bergetar. 

"Reaksi senyawa kimia udara lembab dan komponen besi tanpa lapisan anti karat menimbulkan korosi. Bercak karat pada piringan disc brake jadi salah satu penyebab suara berdecit," kata Teguh. 

Baca juga: Sebab Munculnya Bercak Karat pada Piringan Cakram Mobil

Teguh mengatakan, gejala-gejala masalah ringan komponen rem mobil diawali oleh rem berbunyi dan bergetar.

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

 

Lalu, tak disadari kerusakan merembet dikarenakan para pemilik mobil membiarkan tak terawat. Yaitu, bagian disc brake  bergelombang dan tidak rata. 

"Kotoran sedikit saja kampas rem bisa berkarat, jika ini dibiarkan berisiko merembet ke bagian disc brake . Nantinya, bila sudah parah piringan disc brake bisa bergelombang," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.