Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Honda ADV 160, Lebih Bertenaga

Kompas.com - 07/07/2022, 18:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - Salah satu motor yang paling ditunggu akhirnya resmi meluncur yaitu Honda ADV 160. Skutik bergaya adventure ini membawa sejumlah ubahan dibandingkan model terdahulu.

Usai peluncuran pada 1 Juli 2022, Astra Honda Motor (AHM) memberi kesempatan media untuk menjajal ADV 160 di fasilitas AHM Safety Riding Park, di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Minat Toyota Alphard Edisi Batik, Harus Inden 3 Bulan

Kompas.com mencoba ADV 160 sebanyak empat lap. Treknya disiapkan oleh tim AHM untuk merasakan hampir semua potensi ADV 160. Hanya saja percobaan kali ini dilakukan seluruhnya di atas aspal.

 

New Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA New Honda ADV 160

Posisi berkendara

Pertama duduk di ADV 160 terasa nyaman. Tinggi jok kini menjadi 780 mm berkurang 15 mm dari sebelumnya. Ground clearance ADV160 menjadi 165 mm. Lebih bersahabat buat pemilik postur tubuh di bawah 170 cm.

Posisi kakinya bisa dua yaitu kaki bisa yang menekuk dan selonjoran khas skutik bongsor. Posisinya pun tetap nyaman seperti ADV 150.

Baca juga: Intip Detail Ubahan Daihatsu New Sigra

Posisi setang tidak jauh berbeda seperti ADV 150, setang baplang buat adventure membuat gaya berkendara lebih tegak jadi tidak mudah pegal.

 

Setang dan panel intrumen Honda ADV 160Dok. AHM Setang dan panel intrumen Honda ADV 160

Rasa berkendara

Untuk diketahui tes perdana ini dilakukan saat gerimis karena dari pagi turun hujan. Kondisi ini justru bagus buat merasakan performa fitur baru ADV 160 yaitu Honda Selectable Traction Control (HSTC) yang berfungsi mencegah hilang traksi atau slip di roda belakang.

Kompas.com mendapat kesempatan menjajal sebanyak empat lap. Dua lap pertama sengaja tidak menyalakan HSTC.

Pertama "ngegas" tarikan motor memang terasa berbeda dengan ADV 150. Hal ini sama seperti perasaan saat perta kali mencoba PCX 160 dan Vario 160 setelah berganti mesin lebih besar.

Baca juga: Kabin Mewah Mini Bus Garapan BAV, Ada Toilet dan Kursi Pijat

 

Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.Foto: KOMPAS.com/Adityo Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.

ADV 160 juga mengusung mesin sama seperti saudaranya, tarikannya lebih terasa. Akselerasi tenaga dari putaran bawah sampai menengah terisi padat sesuai dengan bukaan gas pengendara.

Untuk diketahui rider Kompas.com memiliki postur tinggi 168 cm dan berat 70 kg.

Perihal dapur pacu, ADV 160 tipe CBS dan ABS sama-sama didukung mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW atau setara 15,8 tk pada 8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: Harga Sepeda Lipat Polygon Urbano 3 dan Urbano 5

 

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com