Kompas.com - 07/07/2022, 18:51 WIB
|

CIKARANG, KOMPAS.com - Salah satu motor yang paling ditunggu akhirnya resmi meluncur yaitu Honda ADV 160. Skutik bergaya adventure ini membawa sejumlah ubahan dibandingkan model terdahulu.

Usai peluncuran pada 1 Juli 2022, Astra Honda Motor (AHM) memberi kesempatan media untuk menjajal ADV 160 di fasilitas AHM Safety Riding Park, di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Minat Toyota Alphard Edisi Batik, Harus Inden 3 Bulan

Kompas.com mencoba ADV 160 sebanyak empat lap. Treknya disiapkan oleh tim AHM untuk merasakan hampir semua potensi ADV 160. Hanya saja percobaan kali ini dilakukan seluruhnya di atas aspal.

 

New Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA New Honda ADV 160

Posisi berkendara

Pertama duduk di ADV 160 terasa nyaman. Tinggi jok kini menjadi 780 mm berkurang 15 mm dari sebelumnya. Ground clearance ADV160 menjadi 165 mm. Lebih bersahabat buat pemilik postur tubuh di bawah 170 cm.

Posisi kakinya bisa dua yaitu kaki bisa yang menekuk dan selonjoran khas skutik bongsor. Posisinya pun tetap nyaman seperti ADV 150.

Baca juga: Intip Detail Ubahan Daihatsu New Sigra

Posisi setang tidak jauh berbeda seperti ADV 150, setang baplang buat adventure membuat gaya berkendara lebih tegak jadi tidak mudah pegal.

 

Setang dan panel intrumen Honda ADV 160Dok. AHM Setang dan panel intrumen Honda ADV 160

Rasa berkendara

Untuk diketahui tes perdana ini dilakukan saat gerimis karena dari pagi turun hujan. Kondisi ini justru bagus buat merasakan performa fitur baru ADV 160 yaitu Honda Selectable Traction Control (HSTC) yang berfungsi mencegah hilang traksi atau slip di roda belakang.

Kompas.com mendapat kesempatan menjajal sebanyak empat lap. Dua lap pertama sengaja tidak menyalakan HSTC.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.