PO Pandawa 87 Tambah Dua Bus Baru dengan Bodi Dream Coach

Kompas.com - 07/07/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Pandawa 87 baru saja mengambil dua unit bus baru dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Untuk bodi yang dipilih juga tidak sembarangan, Dream Coach dengan kabin selonjoran.

PO Pandawa 87 memang menjadi operator pertama yang memakai bodi bus terbaru daru Adiputro tersebut, sekitar akhir 2020. Saat itu, bus yang dirilis menggunakan kelir biru khas PO Pandawa 87.

Untuk rilisan yang baru, PO Pandawa memilih menggunakan kelir hijau terang. Warna hijau ini juga sebenarnya digunakan oleh PO Pandawa 87 untuk bus yang sudah beroperasi.

Baca juga: Video Bus Jalan Zig-zag di Tanjakan, Takut Gagal Nanjak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Bicara soal bus yang baru, Jetbus 3+ Dream Coach, PO Pandawa meminta beberapa bagian ditambah. Pertama adanya TV di bagian depan kabin, sedangkan untuk yang biasa, tidak ada TV-nya.

"Untuk spesifikasinya masih standar Dream Coach, cuma ada penambahan TV di tengah depan," ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Selain adanya TV, PO Pandawa 87 juga memilih toilet layaknya yang ada di rumah. Bentuknya lebih besar, sehingga bisa membuat penumpang lebih nyaman saat ingin buang air kecil.

Baca juga: Suzuki S-Presso Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 155 Juta


Bicara soal kabin Dream Coach, terdapat 22 kapsul terpisah dengan bangku yang bisa direbahkan sampai sekitar 150 derajat. Selain itu, setiap bangku rebah dilengkapi dengan penyetelan otomatis dan fitur pijat.

Fitur lain yang ada di setiap bangkunya adalah Audio Video On Demand (AVOD) yang bisa memutar lagu maupun video. Colokan USB untuk mengisi daya juga ada, bahkan air purifier di setiap bangku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.