Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2022, 18:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada telapak ban baru yang belum dipakai, ada garis warna-warni yang akan hilang seiring masa pemakaian ban.

Garis-garis berwarna tersebut dikenal dengan sebutan trade mark, berfungsi untuk keperluan internal dan bukan untuk konsumen. Hal ini diutarakan oleh On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal.

"Tidak ada pengaruhnya ke perfoma atau spesifikasi ban. Hanya saja untuk memudahkan membedakan ukuran ban," ucap Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Jarang Dipakai Bikin Ban Jadi Rusak?

"Cara tersebut dibuat untuk memudahkan petugas pabrik yang harus memindahkan ban dalam jumlah banyak. Sehingga dibuatlah garis warna-warni untuk memudahkan pekerjaannya," ucap Zulpata.

Garis warna-warni pada ban baru dipakai untuk membedakan ukuran pada tapak ban. Biasanya, warna tersebut berbeda warna untuk tiap pabrikan ban.

Baca juga: Urus Surat-surat Kendaraan Baru di Samsat Kini Bisa Sehari Jadi

Namun, warna untuk ukuran ban pada satu pabrikan umumnya sama. Zulpata mencontohkan ban untuk Avanza 185/70 R14, semua ban pada ukuran tersebut sama warna garis pada telapaknya.

Jadi, garis warna-warni tidak memiliki pengaruh apapun terhadap keoptimalan atau lama pakai ban. Tapi, hanya untuk sekedar mempermudah proses sortir spesifikasi ban mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com