Jenis-jenis APAR, Ini yang Cocok untuk Dipasang di Mobil

Kompas.com - 06/07/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat pemadam api ringan (APAR) menjadi salah satu benda penunjang keselamatan yang wajib ada di setiap kendaraan roda empat. APAR menjadi pertolongan pertama mobil yang terbakar dalam skala kecil.

Secara umum, ada empat jenis APAR yang biasa dipakai. Namun perlu diketahui, tidak semua APAR cocok untuk dibawa di mobil.

Baca juga: APAR untuk Mobil Punya Masa Kedaluwarsa?

Kepala Seksi Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman menjelaskan bahwa APAR yang cocok untuk digunakan di mobil adalah APAR dry powder.

"Kalau APAR yang di mobil nantinya kan digunakan untuk di luar ruangan, seperti kap mesin. Lebih baik itu APAR yang dari dry powder," ucap Gatot kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Saat membeli APAR, Gatot menyarankan pemilik kendaraan untuk tidak membeli APAR dari kaleng yang dijual bebas di supermarket karena rawan meledak.

"Itu menggunakan gas bertekanan tinggi. Jika ditinggal di mobil, dan suhu kabinnya tinggi, kalengnya bisa meledak. Sebaiknya, beli APAR yang SNI atau bersertifikat internasional," ucap Gatot.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) menjadi salah satu peralatan yang disiapkan untuk para marshal Sirkuit Mandalika.KOMPAS.com/Firzie A. Idris APAR (Alat Pemadam Api Ringan) menjadi salah satu peralatan yang disiapkan untuk para marshal Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Bukan di Stut, Begini Cara Benar Derek Motor yang Mogok

Berikut ini adalah jenis-jenis APAR yang perlu dimengerti oleh pemilik kendaraan.

APAR jenis air

APAR ini bekerja dengan menggunakan air bertekanan tinggi. Jenis ini bekerja paling ekonomis, namun lebih efektif jika digunakan untuk memadamkan api yang disebabkan bahan padat non logam, misalnya kertas, kain, karet, plastik dan sebagainya.

Kebakaran ini dikenal dengan sebutan kebakaran kelas A. Dilansir dari laman Damkar, kebakaran kelas A merupakan kebakaran yang menyangkut benda-benda padat kecuali logam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.