Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2022, 15:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor harus hati-hati saat akan melintasi rel kereta api karena ada banyak potensi bahaya yang mengintai. Khususnya saat belakangan ini sering terjadi hujan dan membuat area rel lebih licin, membuat pengendara motor rawan terjatuh.

Terlepas dari kondisi cuaca, pengendara motor harus berhati-hati dan memperhatikan beberapa hal ketika hendak melaju melintasi rel kereta api.

Hal ini diutarakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. Ia memaparkan, baik musim hujan ataupun kemarau, perlintasan kereta api adalah area yang cukup berbahaya untuk pengendara motor.

Baca juga: Ini Jenis Sarung Tangan yang Ideal untuk Naik Motor

Jusri menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir potensi celaka saat pengendara motor ingin melintasi rel kereta api.

"Pertama posisikan motor untuk memotong jalur rel, artinya melintas dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit," ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Posisi motor, lanjut Jusri, harus memotong dan tidak sejajar dengan rel. Letak ban motor yang sejajar dengan rel membuat motor menjadi lebih mudah selip dan membuat motor kehilangan kendali.

Agus Suyitno (61), saat menjaga perlintasan sebidang rel kereta api di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Kamis (9/12/2021).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Agus Suyitno (61), saat menjaga perlintasan sebidang rel kereta api di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Biaya dan Syarat Bikin SIM A per Juli 2022

Selain itu, Jusri juga mengimbau pengendara sepeda motor untuk menurunkan kecepatan sesuai dengan kondisi lalu lintas.

"Setelah itu posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara," ucap Jusri.

Terakhir, perlu diingat bahwa pengendara harus memprioritaskan dan mendahulukan kereta api yang akan melintas. Saat palang perlintasan sudah ditutup, ad bunyi sirene dan peringatan dari penjaga rel, maka pengendara motor harus berhenti dan tidak memaksakan diri untuk tetap lewat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com