Benarkah Isi Ban dengan Nitrogen, Tekanan Udara Bisa Lebih Awet?

Kompas.com - 04/07/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tekanan udara pada ban mobil merupakan hal yang krusial. Semakin rendah tekanan udara dari yang direkomendasikan pabrik, maka ban jadi lebih cepat rusak, bahkan berpotensi pecah.

Oleh karena itu, tekanan udara pada ban sebaiknya tetap sesuai rekomendasi. Salah satu cara untuk menjaga tekanan tetap stabil bisa dengan mengisinya dengan nitrogen, bukan udara biasa.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire mengatakan, ban yang diisi dengan nitrogen bisa lebih awet dibanding udara biasa.

Baca juga: Kenapa Ban Cadangan Mobil Ada yang Berbeda dengan Ukuran Standar?

 

Seorang petugas outlet pengisian ban dengan nitrogen di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok sedang melayani pelanggan pada Kamis (8/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Seorang petugas outlet pengisian ban dengan nitrogen di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok sedang melayani pelanggan pada Kamis (8/2/2018).

 "Iya benar, nitrogen molekulnya lebih padat," ucap Dodi kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Dodi menjelaskan, nitrogen punya karakter yang tidak cepat memuai. Efeknya, tekanan pada ban jadi lebih stabil daripada pakai udara biasa.

"Ban itu kan bukan benda padat, ada pori-porinya. Angin berkurang itu kan melalui pori-pori. Kalau lebih mudah memuai, maka gampang keluar udaranya," kata Dodi.

Baca juga: Video Honda Vario Pakai Pelat Nomor Modifikasi, Mirip Iron Man

 

Selain itu, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, Nitrogen punya sifat molekul yang cenderung stabil dikarenakan sedikit mengandung kadar air. Efeknya, tekanan pada ban jadi minim penyusutan.

“Dari segi kualitas jelas nitrogen, karena memiliki sifat bisa beradaptasi dengan perubahan suhu,” ucap Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.