Toyota Fortuner Hybrid Dijadwalkan Meluncur 2023

Kompas.com - 05/07/2022, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan mobil sedang gencar melakukan elektrifikasi pada model kendaraannya. Tak terkecuali Toyota, yang belum lama ini dikabarkan sudah menyiapkan Fortuner Hybrid.

Dikutip dari Gaadiwaadi.com, Selasa (5/7/2022), Toyota akan menyematkan teknologi hybrid yang dipadukan dengan mesin diesel. Selain itu, akan ada sederetan fitur canggih juga yang diaplikasikan.

Generasi ketiga dari Fortuner ini kabarnya akan dibangun menggunakan platform TNGA-F. Platform tersebut akan dirancang khusus untuk mobil yang memakai sasis ladder frame, seperti pada Toyota Land Cruiser 300.

Baca juga: Diskon SUV Ladder Frame, Pajero Sport Rp 10 Juta, Fortuner Rp 8 Juta

Terkait dapur pacunya, Fortuner akan mengadopsi teknologi mild hybrid. Dengan teknologi tersebut, sistem hibridanya akan membantu akselerasi, karena torsi pada rpm rendah meningkat.

Toyota Fortuner Hybrid dikabarkan meluncur 2023Dok. Gaadiwaadi.com Toyota Fortuner Hybrid dikabarkan meluncur 2023

Selain itu, sistem mild hybrid ini juga sekaligus membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan menekan emisi gas buang. Sebab, mesin mobil akan mati saat berhenti. Lalu, AC akan mengandalkan daya dari baterai.

Kabarnya, Fortuner Hybrid akan mengandalkan mesin diesel 1GD, 4-silinder, DOHC, 16 katup, dengan kapasitas 2.800 cc yang sudah dilengkapi dengan turbo. Mesinnya sama seperti yang digunakan Fortuner 2.8 sekarang.

Toyota juga akan meningkatkan fitur hiburan, seperti dasbor dan konsol tengah yang baru, sistem hiburan dengan layar yang lebih besar, setir model baru, dan lainnya.

Selain itu, dari segi elektronik juga mendapat peningkatan. Beberapa di antaranya adalah penggunaan electronic power steering dan penyematan Toyota Safety Sense (TSS). Namun, belum diketahui TSS versi berapa yang akan disematkan.

Baca juga: Ganti Setir Innova Lawas Pakai Punya Fortuner Mulai Rp 7,5 Juta

Sebelum diluncurkan di negara lain, dikabarkan Indonesia akan lebih dulu bisa menikmatinya. Sebab, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merupakan produsen Fortuner yang melakukan ekspor ke berbagai negara.

Kabar Toyota Fortuner Hybrid di ThailandHEADLIGHTMAG.COM Kabar Toyota Fortuner Hybrid di Thailand

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam, mengatakan, dalam memproduksi mobil hybrid pihaknya lebih memilih menggunakan model yang sudah ada, ketimbang membuat mobil yang benar-benar baru.

“Ada dua alternatif, membuat model yang baru sama sekali, atau kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada. Ya teman-teman sudah bisa baca lah, kira-kira itu model yang mana,” kata Bob, dalam konferensi virtual, beberapa waktu lalu.

Dengan menggunakan model yang sudah ada dan dikenal masyarakat, Toyota berharap model hybrid bisa diterima dengan positif oleh konsumen di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.