Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat di Lampu Merah, Lebih Baik Injak Rem atau Tarik Rem Tangan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi di jalan raya, tentu akan bertemu dengan persimpangan dengan lampu lalu lintas. Ketika sedang berhenti di lampu merah, ada kebiasaan orang yang menginjak rem dan ada juga yang menarik rem tangan.

Dari kedua kondisi tersebut, memang punya beberapa keunggulan. Misalnya dengan menarik rem tangan, kaki pengemudi jadi bisa sedikit beristirahat. Sedangkan kalau pakai rem kaki, pengemudi jadi lebih waspada.

Tetapi sebenarnya mana cara berhenti yang lebih aman di lampu merah, apakah menginjak rem atau menarik rem tangan?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menginjak rem kaki saat sedang berhenti di lampu merah jauh lebih aman dibanding menarik rem tangan.

"Pertama rem kaki menyala, sehingga terlihat aktif dari belakang kalau sedang berhenti. Kedua, pedal rem diinjak maka posisi pengemudi siaga, tidak untuk alasan istirahat di jalan sekalipun sedang berhenti di lampu merah," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Sony menyarankan, kalau memang mau berisitirahat, lebih baik cari tempat yang lebih aman, bukan saat menunggu lampu merah.

Terakhir adalah, pedal rem diinjak agar kendaraan tidak terkunci saat ditabrak dari belakang.

"Kalau rem parkir diaktifkan dan tertabrak dari belakang, benturannya akan lebih parah. Sedangkan kalau injak rem saja, benturan tadi jadi tidak fatal karena mobil tidak dalam kondisi terkunci," kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/05/161108415/saat-di-lampu-merah-lebih-baik-injak-rem-atau-tarik-rem-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke