Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Kenyamanan Kabin Ioniq 5

Kompas.com - 02/07/2022, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 memiliki tampilan luar yang menarik dengan konsep desain retro futuristik.

Bagian kabinnya juga tak kalah menarik, benar-benar memberikan ruang gerak yang maksimal untuk pengemudi dan penumpang.

Namun, untuk desain, tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil lain pada umumnya. Berbeda dengan eksteriornya yang bisa dibilang memiliki ciri khas.

Baca juga: Rem Mendadak di Jalan Tol, Langsung Nyalakan Lampu Hazard

Dari bangku pengemudi, mudah untuk mengakses head unit. Begitu pula tombol-tombol yang lain, seperti pengaturan AC serti fitur.

Selain itu, tombol-tombol yang adapada sektor kemudi juga dirancang cukup bersahabat yang membuat pengendara mudah menggunakannya.

Bagian yang menarik adalah tuas transmisi. Untuk sebagian orang mungkin butuh waktu untuk membiasakan diri. Sebab, tuas transmisinya berada di sebelah kanan setir.

Baca juga: Sejarah Baru Mobil Listrik Ioniq 5 Pimpin Pasar Medium SUV Mei 2022

Tuas tersebut berada di sisi yang sama dengan tuas lampu sein. Pengoperasiannya juga berbeda, karena tuasnya diputar bagian ujungnya, bukan digerakkan sepenuhnya.

Interior Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Interior Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 menggunakan platform terbaru, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP). Dengan platform ini, kabinnya menjadi lebih lega.

Lantainya dibuat rata, sehingga pergerakan kursi yang diatur secara elektrik juga sangat maksimal. Konsol tengah juga bisa diatur maju dan mundur secara manual.

Terkait kenyamanan tempat duduk Ioniq 5 sangat fleksibel. Kursi dapat diatur tidak hanya tinggi dan rendah, tapi juga maju dan mundur, plus ada leg rest juga yang dapat dinaikkan.

Lalu, kursinya juga dilengkapi dengan ventilasi kipas pendingin. Terdapat pemanas, tapi fitur tersebut bisa dibilang percuma jika disematkan pada Ioniq 5 yang dipasarkan di Indonesia dengan iklim yang tropis.

Bagasi Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Bagasi Hyundai Ioniq 5

Ruang gerak yang maksimal juga tak hanya dapat dirasakan oleh pengemudi dan penumpang yang ada di barisan depan.

Pada barisan belakang, kursinya juga bisa diatur maju dan mundur. Selain itu, sandaran atau backrest juga masih bisa diatur tingkat kemiringannya, meskipun tidak semaksimal kursi di baris depan.

Terkait head room dan leg room, test driver Kompas.com dengan postur tubuh 157 cm dan bobot 60 kg, masih merasa sangat leluasa dalam bergerak. Bagi pengemudi atau penumpang yang tingginya di atas 170 cm juga masih nyaman.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Pada bagian bagasi, kapasitasnya juga cukup luas. Bagasinya dapat memuat dua koper berukuran besar dan masih ada cukup ruang untuk barang-barang lain.

PT Hyundai Motors Indonesia menghadirkan Ioniq 5 dengan dua tipe yang masing-masing memiliki dua varian, yakni Prime - Standard Range dan Long Range, serta Signature - Standard Range dan Long Range. Mobil listrik ini dibanderol mulai Rp 718 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 829 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com