3 Fungsi Oli Mesin, Pembersih, Perekat, dan Pendingin

Kompas.com - 01/07/2022, 18:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Oli mesin memiliki banyak fungsi yang jarang orang ketahui. Tak sekadar hanya untuk melumasi komponen, tapi juga ragam peran lainnya.

Karena itu, bila pemilik mobil tak peduli terhadap kondisi oli mesin bisa fatal akibatnya. Sedikit saja kurang atau ada kebocoran, piston bisa macet. 

Lalu, sebenarnya apa saja fungsi oli mesin selain melumasi komponen? 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Harianto mengatakan, ada tiga fungsi oli mesin selain sebagai pelumas, yakni perekat komponen, pembersih komponen, dan sebagai pendingin suhu mesin.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Hybrid dan Mild Hybrid 

Ilustrasi mengganti oli mobilDok. Shutterstock/ Kenny CMK Ilustrasi mengganti oli mobil

"Oli mesin fungsi utamanya berfungsi melumasi komponen-komponen dalam mesin, seperti piston, crankshaft, dan katup pembakaran, memperkecil gesekan antar part di ruang mesin," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (30/6/2022). 

Teguh menjelaskan, komponen pada blok mesin tersusun yang saling tersinkronisasi dan bergerak sesuai porosnya. Kandungan oli mesin membentuk lapisan untuk melindungi celah yang timbul karena putaran mesin kompresi tinggi. 

"Fungsi oli mesin sebagai perekat ini molekul pengikat membentuk lapisan baru partikel-partikel kecil di permukaan komponen mesin," ucapnya. 

Hal yang sama di ungkap Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Mohammad Syafruddin, menurut dia,  kandungan bahan baku oli mengandung partikel oil film. Bentuknya yang transparan dan lembut mengalir untuk membersihkan partikel debu residu pembakaran. 

"Debu-debu hasil gesekan komponen mesin yang bagian-bagian yang bergerak masuk sistem pelumasan. Untuk perlindungan juga ada kandungan molekul. Celah ruang tiap komponen menjadi lebih licin," tambahnya. 

Baca juga: Untung atau Rugi Melakukan Ritual Angkat Wiper Saat Parkir?

Mohammag menjelaskan, kandungan molekul oli mesin bisa efektif mencegah korosi dan oksidasi. Sifat dasar besi jeroan mesin mudah mengkristalkan oli apalagi bila terkontaminasi uap air. 

Deretan pelumas yang dipasarkan Cakra Motor 11Cakra Motor 11 Deretan pelumas yang dipasarkan Cakra Motor 11

"Mesin mobil yang tidak berputar,  komponen utama terbuat dari besi kalau terjadi oksidasi piston dan dinding blok mesin bisa berkarat. Oli-oli mengendap karena suhu rendah kemudian mengkristal membentuk serbuk putih," tuturnya.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.