Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Honda, Kini Rekor 33 Tahun Yamaha di MotoGP Terhenti

Kompas.com - 30/06/2022, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha dan Honda hampir mendominasi kelas utama GP 500 atau MotoGP sejak 1975. Namun tahun ini, kedua tim belum bisa tampil impresif di kelas para raja setidaknya pada musim 2022 ini.

Dilansir dari Ride Apart (30/6/2022), Honda telah mengakhiri rekor 40 tahun sejak 1982, setelah sama sekali tidak meraih poin pada MotoGP Jerman 2022.

Berselang hanya satu minggu kemudian, Yamaha mengikuti jejak saingannya di MotoGP Belanda 2022.

Baca juga: Setelah Jual Kendaraan, Bisa Blokir STNK secara Online

Sirkuit Assen yang selalu digunakan untuk menggelar MotoGP BelandaDok. ttcircuit.com Sirkuit Assen yang selalu digunakan untuk menggelar MotoGP Belanda

Situasi serupa terjadi setelah Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli gagal meraih poin karena mengalami kecelakaan di Sirkuit Assen.

Dengan dua motor pabrikan Monster Energy Yamaha yang harus jatuh, harapan tim asal Iwata bertumpu pada pebalap tim satelit RNF WithU Yamaha.

Sayangnya, rookie MotoGP Darryn Binder mengalami nasib yang sama. Ia juga menabrakkan YZR-M1 pada tikungan ke-8 Sirkuit Assen.

Baca juga: Honda Mulai Pamer ADV 160 di Jakarta Fair 2022

Hanya rekan setimnya Andrea Dovizioso yang tetap berada di atas kuda balapnya sampai finis. Namun tidak dapat poin, karena hanya meraih tempat ke-16.

MotoGP Belanda kemarin menandai pertama kalinya Yamaha tidak mencetak poin di Grand Prix selama era MotoGP.

Rekor perolehan poin perusahaan dimulai selama 12.096 hari dan 544 balapan sejak Grand Prix of the Nations di Misano pada 14 Mei 1989.

Baca juga: Tilang Kamera Ponsel Mulai Berlaku di Jateng, Sumut, dan Sumsel

Pebalap Italia, Andrea Dovizioso, dan rookie Darryn Binder berpose bersama motor baru WithU Yamaha RNF Team pada peluncuran tim di Verona, Senin (24/1/2022)WITHU YAMAHA RNF TEAM Pebalap Italia, Andrea Dovizioso, dan rookie Darryn Binder berpose bersama motor baru WithU Yamaha RNF Team pada peluncuran tim di Verona, Senin (24/1/2022)

Rekor impresif Yamaha selama 33 tahun mungkin telah berakhir begitu saja, tetapi Quartararo masih optimistis untuk mempertahankan gelar juara beruntunnya pada 2022.

Saat ini tim bisa melakukan liburan musim panas selama lima minggu untuk memulihkan diri dan fokus pada semua upaya, agar dapat mencetak poin pada MotoGP Inggris 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com