Adiputro Buat Jetbus Transit, Bus Medium Monokok dengan Sasis Hino

Kompas.com - 29/06/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk dari Karoseri Adiputro yakni Jetbus Transit kini dibuat unit yang kedua. Sebelumnya, karoseri asal Malang, Jawa Timur ini sudah membuat satu prototipe Jetbus Transit dengan kelir putih hitam.

Untuk unit kedua yang dibuat juga merupakan prototipe namun memakai kelir yang berbeda. Warna yang dipilih adalah merah dengan hitam, namun belum ada stiker untuk siapa bus ini digunakan.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, unit kedua Jetbus Transit ini memang masih prototipe namun nantinya untuk dijual.

Baca juga: Bocoran Bus Baru Laksana, Generasi Penerus Legacy SR2 Segera Hadir

Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di SoloDOK. ADIPUTRO Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di Solo

"Yang pertama itu prototipe punya Adiputro, yang baru ini untuk dijual," ucapnya kepada Kompas.com Rabu (29/6/2022).

Secara tampilan luar, memang tidak berbeda dengan Jetbus Transit yang pertama. Modelnya kotak dengan desain lampu yang tipis memberi kesan minimalis dan modern.

Uniknya, bus medium dari Adiputro ini menggunakan model monokok, jadi bodinya sebagai sasis. Sedangkan untuk bagian kaki-kaki, dibuat oleh Adiputro dengan coil spring yang diklaim empuk.

Baca juga: Video Viral Rangka Honda BeAT Patah, Ini Dugaan Mekanik Honda


Keuntungan dari model bodi monokok ini adalah lebih ringan. Selain itu, lantai bisa dibuat rendah sehingga bus bisa mengangkut penumpang yang memakai kursi roda dengan mudah.

Menarik untuk ditunggu kapan Jetbus Transit bisa beroperasi di jalan raya. Mengingat pada awal 2022, Karoseri Adiputro bersama Batik Solo Trans melakukan uji coba bus ini untuk mengangkut penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.