Bahas Desain Retro Futuristik Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 29/06/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik sering kali dikaitkan sebagai mobil masa depan. Tak heran jika Hyundai Ioniq 5 punya desain eksterior yang kental dengan aura futuristis.

Dibandingkan dengan desain mobil-mobil yang menggunakan mesin konvensional atau mesin pembakaran internal, Ioniq 5 memang tampil menonjol dengan konsep desain yang diusung.

Baca juga: Sejarah Baru Mobil Listrik Ioniq 5 Pimpin Pasar Medium SUV Mei 2022

Hampir seluruh bagian dari Ioniq 5 yang menurut tim redaksi Kompas.com menarik, mulai bagian depan, bagian samping, hingga bagian belakang.

Lampu depan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Lampu depan Hyundai Ioniq 5

Pada bagian depan, yang paling menarik tentu adalah bagian penerangannya, baik itu lampu utama maupun Daytime Running Light (DRL).

Desain lampunya dibuat kotak dan Hyundai menyebutnya dengan Parametric Pixel LED Headlamps.

Tak sedikit yang membanding-bandingkannya dengan DeLorean DMC-12 yang populer berkat film 'Back To The Future' yang dirilis tahun 1985. Maka itu, sedikit banyak desainnya juga bisa dikatakan retro.

Baca juga: Polisi Australia Barat Tes Hyundai Ioniq 5 dan Toyota Mirai

Pada saat pabrikan lain memilih untuk menggunakan desain lampu yang menyipit agar terlihat agresif, Hyundai justru keluar dari tren tersebut. Tapi, justru desain seperti ini yang membuatnya jadi cukup ikonik.

Lampu belakang Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Lampu belakang Hyundai Ioniq 5

Pada bagian bawahnya, terdapat garis horizontal yang menyatu. Khusus tipe Signature, terdapat Front Center Garnish Hidden LED. Jadi, lampu tersebut akan lebih terlihat menyala ketika gelap.

Hyundai tidak memberikan grille yang besar pada bagian depan. Namun, terdapat lubang udara pada bumper depan bagian bawah yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Meskipun mobil listrik, tapi sistem pendinginan tetap diperlukan untuk menjaga temperatur dari baterai.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Bagian pintu depan dan pintu belakang juga terlihat seperti menyatu. Hyundai menyebut konsep desain ini dengan Parametric Dynamics. Tapi, bagian samping tidak dibuat polos begitu saja. Ioniq 5 tetap diberikan side body moulding berwarna silver untuk memperkuat konsep desain yang futuristis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.