Perlukah Bersihkan Saluran Bahan Bakar Pakai Zat Tambahan pada Mesin Diesel?

Kompas.com - 27/06/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengguna mobil bermesin diesel mungkin sudah tidak asing lagi dengan purging, sebab proses tersebut biasanya berkaitan dengan tune up, walau tidak semua bengkel melakukannya.

Purging sendiri merupakan perawatan mesin diesel dengan cara melakukan pembersihan saluran bahan bakar menggunakan zat tambahan atau zat purging itu sendiri.

Jadi, mesin yang biasanya mengambil bahan bakar dari tangki, saat purging dialihkan untuk mengambil zat purging dengan memindahkan saluran bahan bakar. Sehingga, yang mengalir saat mesin menyala bukan lagi bahan bakar melainkan cairan purging.

Baca juga: Euro 4, Kemenperin Dorong Kendaraan Diesel Tak Konsumsi Solar Murah

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

Cairan purging sendiri diklaim dapat memperlancar aliran bahan bakar karena sifatnya yang bisa membersihkan kotoran menempel di injektor mesin. Namun, pada kondisi tertentu purging ini tidak menyelesaikan masalah ketika terjadi penyumbatan. Jadi, ini hanya sebagai langkah merawat saja.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, purging memang sebaiknya dilakukan guna mencegah kerusakan yang membutuhkan biaya lebih besar.

“Bisa membersihkan, kan itu (purging) cairan khusus pembersih. Tapi untuk penyumbatan yang sudah cukup parah tidak bisa selesai hanya dengan purging, melainkan perlu pembongkaran. Tahu sendiri, untuk melakukan servis seputar common rail mesin diesel harganya mahal. Bahkan untuk servis satu injektor bisa sampai Rp 2 jutaan, tinggal dikalkulasikan saja,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Maka dari itu perlu dilakukan purging, terlebih lagi bagi mobil yang sering menenggak solar bersubsidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.