Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Efeknya Bila Motor Matik Kelebihan dan Kekurangan Oli Mesin

Kompas.com - 28/06/2022, 10:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor memiliki jenis oli mesin yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Bahkan meski jenisnya sama, pelumas yang digunakan belum tentu serupa.

Baik motor matik atau skutik, manual, bebek, dan sport, biasanya memiliki kriteria oli mesin yang tak sama. Demikian juga soal volume takarannya.

Kebutuhan takaran volume oli juga tak boleh sembarang, untuk matik misalnya yang rata-rata 800 ml. Bila sampai lebih atau kurang, bisa berdampak signifikan bagi kinerja mesin.

Baca juga: Soal Larangan Beli Pertalite, BPH Migas Kaji Mobil Mewah 2.000 cc ke Atas

Bahkan akibat kurangnya takaran oli, meskipun sedikit tapi memiliki efek jangka panjang bagi mesin yang sangat merugikan.

Produk oli motor X-Ten untuk harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Produk oli motor X-Ten untuk harian dengan daya tahan tinggi.

 

Seperti terjadi gesekan berlebihan pada komponen piston, ring piston, dan seal klep, dan terparah mesin mogok akibat penguapan berlebihan karena suhu panas mesin tinggi.

Kepala Bengkel Yamaha Sentral Motor Fajar Buari mengatakan, ada dua efek berisiko baik jika motor kekurangan oli ataupun volumen oli kelebihan

Baca juga: Bedakan Pemakaian Oli Motor Matik dan Oli Motor Manual

Indikator level batas aman volume oli mesin sepeda motorKompas.com Indikator level batas aman volume oli mesin sepeda motor

"Pertama bila pelumasan kurang, dua komponen menyebabkan gesekan yang menghasilkan panas berlebihan. Jika sudah baret tenaga mesin loyo dan bisa merembet ke komponen lain," ujarnya, kepada Kompas.comSenin (27/6/2022). 

Kedua, bila kelebihan oli dampaknya menyebabkan seal klep bocor. Jika kondisinya benar-benar parah, celah kebocoran bisa jadi jalan untuk oli masuk ke dalam bagian CVT

"Seal nggak kuat, tumpah sendiri masuk ke CVT. Motor otomatis tidak bisa jalan karena selip," kata Fajar. 

Pendapat sama juga diungkapkan oleh Kepala Bengkel Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin, di Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Ini Efek Buruk Gunakan Oli Bekas dan Penetran untuk Rantai Motor

Servis motor Honda di rumah dengan layanan Home ServiceDok. DAM Servis motor Honda di rumah dengan layanan Home Service

 

Menurut dia, risiko membiarkan volume oli mesin di bawah garis indikator level bisa mengakibatkan piston baret dan seal klep bocor. 

"Volume oli dalam mesin kurang dan low level dampaknya piston nggak kuat. Sistem sirkulasi oli tidak bisa sempurna melumasi piston," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com