Video Mobil Sipil Bergaya Ormas Pakai Sirene di Tengah Kemacetan

Kompas.com - 26/06/2022, 08:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial tayangan yang memperlihatkan mobil sipil diduga milik ormas menggunakan sirene di jalan raya.

Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun Tiktok bernama @dobysiivo. Dalam rekaman itu terlihat mobil Daihatsu Xenia sedang terjebak kemacetan jalan.

Bukannya sabar dan mengantre, sopir mobil motif loreng-loreng itu malah menyalakan rotator dan sirene, seolah mengisyaratkan sedang dalam keadaan darurat.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Cek 3 Komponen Motor Ini Sebelum Berkendara

Melihat mobil yang digunakan merupakan kendaraan sipil, pria yang merekam video itu pun geram hingga mendekati mobil tersebut dan menegur sang sopir.

“Bos ga usah arogan lah pakai-pakai kayak gitu bos. Macam betul aja kau pakai kayak gitu,” ucap perekam video tersebut.

Mobil tersebut diduga merupakan kendaraan provost salah satu ormas “Pemuda Batak Bersatu”, ini terlihat jelas dari tulisan yang dicetak di bodi samping dan belakang.

Namun diketahui, ternyata mobil tersebut tengah membawa orang sakit. Hal ini terlihat dari video balasan yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @oppungaltong.

@oppungaltong @dobysiivo kami tunggu kalrifikasi anda untuk minta maaf #fyp#PediaSureGrowth #pemudabatakbersatu ? suara asli - Jurniman simbolon

Dari video yang diunggah oleh akun tiktok tersebut, terlihat seorang pria tua yang sedang terbaring di dalam rumah. Pria tersebut kemudian dibopong oleh sejumlah orang dan dimasukkan ke dalam mobil viral tadi.

Di akhir video, mobil langsung melaju sambil membunyikan sirene diduga menuju ke rumah sakit.

Terkait video ini, pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, penggunaan lampu isyarat dan sirene sudah diatur dalam Pasal 59 ayat 5 Undang-Undang (UU) Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Berikut bunyinya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.