Jangan Heran, Pengisian Ban Nitrogen Memang Tanpa Tabung

Kompas.com - 25/06/2022, 20:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat pengisian udara nitrogen untuk ban, faktanya memang tak menggunakan tabung penampung.

Dengan demikian, jangan kaget bila saat melakukan pengisian udara tak menjumpai tabung melainkan hanya kompresor dan mesin penghasil nitrogen saja.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena gas nitrogen di atmosfer bumi mendominasi hingga 79 persen.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Cuci Mobil Hidrolik Bisa Merusak Kaki-kaki?

Rudy Antono, Service Manager Setiawan Spooring mengatakan, alat pengisian nitrogen memang ada yang menggunakan tabung, tapi di outlet-nya menggunakan alat yang bisa memproduksi nitrogen sendiri.

Salah satu layanan pengisian Nitrogen gratis yang diberikan kepada pengendara yang meninggalkan Jakarta selama periode Natal dan Tahun Baru, Minggu (26/12/2021). Dokumentasi Humas Jasa Marga Salah satu layanan pengisian Nitrogen gratis yang diberikan kepada pengendara yang meninggalkan Jakarta selama periode Natal dan Tahun Baru, Minggu (26/12/2021).

"Di tempat kami, nitrogen diproduksi pakai mesin pengahasil nitrogen, bukan yang isi ulang dengan tabung," ucap Rudy kepada Kompas, Sabtu (25/6/2022)

Rudy mengatakan, dengan jumlah yang melimpah, maka tidak diperlukan menampung dalam suatu tabung sebagaimana oksigen dan gas lainnya. 

Berdasarkan dari laman resmi Green Nitrogen, gas N2 memang tidak perlu diisi ulang menggunakan alat, melainkan bisa diproduksi langsung dengan mengambil dari udara bebas.

Karena sesungguhnya, nitrogen yang berhasil diproduksi hanyalah hasil penyaringan udara bebas yang dipompa oleh kompresor dan dialirkan ke N2 Generator.

Baca juga: Apakah Perlu Mengisi Udara pada Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Kompresor bertekanan tinggi akan mendorong udara bebas dengan kadar nitrogen 79 persen, 20 persen oksigen, dan 1 persen uap air menuju mesin N2 generator.

Selanjutnya, di dalam mesin itu udara akan disaring dengan Carbon Molecular Sieve (CMS) sehingga nitrogen akan terpisah dengan oksigen dan lainnya. Baru, gas nitrogen akan disalurkan ke dalam ban mobil.

Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.                    Bridgestone Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.

Bahkan mesin generator nitrogen juga bisa meng-vakum hingga habis sebelum diisikan ke ban kendaraan. Hal ini perlu dilakukan, karena memang gas yang diharapkan mengisi ban adalah oksigen murni.

Untuk senantiasa menjaga kadar nitrogen dari mesin, alat juga dilakukan proses kalibrasi secara rutin. Sehingga, nitrogen yang tercipta dijamin selalu mencapai 95-99,5 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.