Antisipasi Kecelakaan, Cek 3 Komponen Motor Ini Sebelum Berkendara

Kompas.com - 25/06/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat kerusakan komponen motor, sang pemilik harus mengecek kondisi motor setiap sebelum berkendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, setidaknya ada tiga komponen motor yang harus dicek secara detail sebelum motor digunakan.

"Ada tiga poin penting yang harus dicek saat mulai berkendara. Jika kita terburu-buru, kita tidak dapat memeriksa semuanya secara detail," ucap Agus pada Kompas.com, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Langkah Penting Menghadapi Rem Motor Blong

Tiga poin penting yang harus dicek, yaitu bagian rem depan dan belakang, kelistrikan, serta roda depan dan belakang.

"Tiga poin tersebut memiliki fungsi yang penting saat kita mengoperasikan kendaraan," ucap Agus.

Untuk mengecek secara mandiri bagian rem, bisa dilakukan dengan cara memastikan volume minyak rem masih cukup serta mengecek bagian kampas rem. Harus dipastikan bahwa kampas masih tebal atau belum habis, sehingga bisa menekan cakram atau tromol dengan sempurna.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman menjelaskan bahwa cara mudah memperhatikan kuantitas cairan rem adalah dengan melihat indikator di master rem. Jika sudah menyentuh tanda lower, maka baiknya ditambah hingga mencapai tanda upper.

Ujung tuas rem dan tuas kopling selalu memiliki bentuk yang membulatDok. Yamaha Motor Ujung tuas rem dan tuas kopling selalu memiliki bentuk yang membulat

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bisa Bikin Transmisi Matik Cepat Rusak

Kualitas cairan rem bisa dilihat dari warna minyak rem. Jika warnanya sudah semakin gelap, maka kualitasnya dikatakan sudah semakin berkurang.

"Ganti sil master rem jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman. Beberapa yang biasanya dikeluhkan yakni tuas rem terasa blong ketika ditekan atau justru sangat keras tapi tidak ngerem," ucap Ade pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, cek kelistrikan pada motor secara berkala, misalnya kiprok atau rectifier regulator. Komponen ini bergunsi untuk mengubah arus listrik bolak balik (alternating current) menjadi arus listrik searah (direct current). 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.