Alasan Kenapa Bus Jarang Mematikan Mesin Saat Mengisi Solar

Kompas.com - 25/06/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus memiliki kebiasaan yang berbeda saat sedang mengisi bahan bakar dibanding kendaraan pada umumnya. Jika mobil harus mematikan mesinnya saat isi bbm, sebagian besar bus membiarkan mesinnya menyala.

Tetapi ada alasannya kenapa bus jarang mematikan mesin saat sedang mengisi solar. Penyebabnya adalah demi kenyamanan penumpang selama menunggu tangki solar bus penuh.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN, mengatakan, mesin bus tetap dinyalakan selama isi solar karena di kabin bus ada orang. Mengingat mesin bus terhubung dengan AC, jika mesin mati, maka AC juga mati.

Baca juga: Alasan Kenapa Kabin Lebih Mewah Ada di Dek Bawah Bus Tingkat

bus isi bensinKompas.com/Fathan Radityasani bus isi bensin

"Banyangkan kalau isi solar mesinnya dimatikan, otomatis AC-nya mati juga. Jadi orang di dalam kegerahan," ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Selain itu, waktu mengisi solar bus cenderung lebih lama daripada mobil penumpang yang tangkinya kecil. Bus punya kapasitas tangki yang besar, berkisar 200 liter sampai 400 liter.

"Kalau mengisinya saja sekitar 30 menit-45 menit, tambah lagi antrenya," kata Sani.

Baca juga: Jangan Salah, Begini Teknik Pakai Dongkrak Mobil yang Benar


Menurut Sani, konfigurasi mesin bus yang posisinya ada di belakang mengurangi risiko terbakar saat sedang isi solar. Apalagi untuk mulut tangki solar yang ada di bus biasanya terletah di bagian tengah agak depan.

"Saat melakukan pengisian BBM jarak dispenser ke mesin cukup jauh sekitar 5 meter jadi relatif aman harusnya," kata Sani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.