Kompas.com - 24/06/2022, 20:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu alasan kenapa banyak pemilik mobil memodifikasi interior, yaitu karena tidak puas atau bosan dengan tampilan sebelumnya. Urusan jok, biasanya dipasang cover karena cukup praktis dan juga harganya terjangkau.

Cover jok premium merupakan teknik melapisi jok dengan sarung berbahan kulit atau kain sintetis tanpa mengganti jok asli. Secara visual, sarung jok ini akan menyerupai lapisan jok asli.

Baca juga: Viral Motor Ditilang di Diler, Ternyata Banyak Melanggar Aturan

Namun, banyak pemilik mobil yang salah memilih tempat atau bengkel yang menawarkan jasa pemasangan cover jok premium.

Alhasil, karena yang memasang kurang kompeten membuat beberapa aspek penting pada mobil jadi tidak berfungsi dengan baik.

“SRS Airbag Ini adalah fitur keselamatan yang disematkan Toyota. Jika yang memasang cover jok premium tidak mengerti, mereka akan langsung pasang jok sembarangan. Akhirnya fungsinya tertutup,” kata pemilik workshop Automania Hendra Budiman di kawasan Cempaka Mas saat dikunjungi oleh Kompas.com, Jumat (24/6/2022). 

pemilik workshop Automania Hendra Budiman di kawasan Cempaka Mas saat dikunjungi oleh Kompas.comJanlika Putri/ Kompas.com pemilik workshop Automania Hendra Budiman di kawasan Cempaka Mas saat dikunjungi oleh Kompas.com

Baca juga: Pentingnya Menyalakan Lampu Sein Saat Mau Belok dan Pindah Lajur

Menurut Hendra, bila memasang cover jok sembarangan membuat fungsi fitur yang penting pada mobil tertutup.

Alhasil, jika ada kecelakaan SRS Airbag tidak akan keluar dengan sempurna untuk melindungi penumpang karena terhalang lapisan jok.

“Nah kita punya produk khusus untuk mobil Rush yang punya fitur keselamatan. Jadi set cover ini dirancang khusus. Maka dari itu, jangan sembarangan pasang set cover,” kata Hendra.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.