Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Penyebab dan Cara Menangani Diesel Runway

SEMARANG,KOMPAS.com -  Sebuah video yang diunggah group facebook @Motuba ramai dengan komenter netizen.

Video tersebut melihatkan Ford Ranger mengeluarkan asap putih dari knalpot, hingga sempat membuat pengemudi berhenti dan mengecek sebelum kembali melanjutkan perjalanan. 

"hampir terjadi diesel runaway mbah. Setelah berhenti, matiin mesin, terus mau nyari parkir yang aman sempet mesin meraung. Untung ngga sampai keblabasen bisa dimatiin," tulis keterangan pada unggahan tersebut. 

Diesel runaway pada mobil solar memang menjadi musuh besar. Bila sampai kejadian, kerap membuat pengendara panik lantaran mesin tak bisa langsung dimatikan . 

Menurut Wisnu Wardhana Foreman Nissan Setiabudi Semarang, kebocoran seal oli turbo menyebabkan pelumas tersedot naik dan masuk ke ruang bakar.

Hal tersebut bisa juga bersumber dari kalibrasi ECU yang salah perhitungan, maupun kerusakan pompa bahan bakar Solar. 

"Kasus terbanyak berasal dari seal turbo bocor yang menyedot oli mesin masuk ke dalam ruang pembakaran," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2022). 

Untuk menghentikan diesel runaway ketika terjadi, pengendara memang tak banyak punya pilihan selain menunggu mesin mati ketika Solar dalam tangki bahan bakar habis. 

Hal senada juga disampaikan Agung Prastowo, Kepala Bengkel Mandiri Jaya Motor (Ford Kudus). Menurt dia, persoalan diesel runaway sebenarnya merupakan masalah kerusakan kendaraan yang baru bisa berhenti bila oli mesin atau bahan bakar habis. 

Untuk mematikan mesin yang mengalami diesel runaway kata Agung, bisa dengan cara menghentikan jalur masuk udara ke mesin.  

"Mengatasi diesel runaway kita berusaha menghentikan supplay udara masuk ke mesin dengan menutup saluran udara dengan kain basah," ujarnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/25/091200615/kenali-penyebab-dan-cara-menangani-diesel-runway

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke