Pasar Turun, BR-V Sabet Takhta LSUV Terlaris pada Mei 2022

Kompas.com - 22/06/2022, 16:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan low sport utility veicle (LSUV) alias SUV murah pada Mei 2022 mengalami penurunan tajam dibanding pencapaian bulan sebelumnya atau secara tahunan (year-on-year/yoy).

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), perlambatan ini mencapai 91,9 persen dari torehan periode April 2022 yang menjadi 5.103 unit.

Adapun jika dibandingkan dengan kinerja Mei 2021, juga masih minus 35 persen atau dari 6.894 unit. Kondisi tersebut membuat bulan lalu menjadi pencapaian terburuk pasar LSUV di domestik sepanjang tahun ini.

Baca juga: Sejarah Baru Mobil Listrik Ioniq 5 Pimpin Pasar Medium SUV Mei 2022

Persaingan Low SUV, antara Honda BR-V dan Toyota RushGridOto.com Persaingan Low SUV, antara Honda BR-V dan Toyota Rush

Hal terserbut disebabkan beberapa soal, salah satunya perlambatan pasar nasional (wholesales) yang mencapai 40 persen sebagai dampak dari banyaknya libur nasional dan krisis cip semikonduktor.

Meski demikian, tak lantas membuat beberapa produsen mengendurkan aktivitas industri dan bisnisnya.

Contoh Honda yang masih konsisten memasarkan BR-V baru sampai akhirnya mampu mengalahkan kompetitor kuatnya di Indonesia, seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Dengan hanya mengalami perlambatan 36 persen, mobil yang dibekali teknologi canggih tersebut mampu menjadi SUV murah terlaris dengan total penjualan 1.400 unit.

Baca juga: Imbas Krisis Cip, Penjualan Motor Anjlok 43 Persen

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Adityo All New Honda BR-V

Sementara Rush dan Terios yang kerap berada di peringkat atas, mengalami perlambatan signifikan dari 3.194 unit dan 2.471 unit di April 2022 menjadi 1.349 unit serta 762 unit.

Kini, kedua model kembar hasil pengembangan Toyota dan Daihatsu di Indonesia tersebut berada di urutan ke-2 dan ke-4. Posisi ketiga ditempati Suzuki XL7 dengan penjualan 914 unit.

Pada posisi kelima ada Mitsubishi Xpander Cross dengan total penjualan mencapai 671 unit. Tipe termahal Xpander Cross CVT Premium menjadi model paling laku yakni 663 unit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.