Jangan Abai, Ini Pentingnya Memakai Sabuk Pengaman Saat Berkendara

Kompas.com - 22/06/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggaran terkait penggunaan sabuk pengaman ternyata menjadi yang terbanyak selama Operasi Patuh Jaya 2022. Berdasarkan data dari kepolisian, tercatat 1.634 kasus yang berkaitan dengan sabuk pengaman.

Penggunaan sabuk pengaman seringkali masih disepelekan, khususnya saat berkendara jarak dekat.

Bukan sekadar untuk menghindari tilang, memakai sabuk pengaman dapat meminimalisir dampak kecelakaan, baik untuk pengemudi dan penumpang yang duduk di bagian depan ataupun baris kedua pada mobil.

Baca juga: Bolehkan Modifikasi Sabuk Pengaman Mobil?

Pemakaian sabuk pengaman diatur secara hukum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat 6:

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan."

Namun, tidak hanya penumpang di bagian depan, Training Director The Real Diriving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa penumpang yang duduk di belakang pengemudi juga wajib memasang sabuk pengaman demi keamanan.

Ilustrasi sabuk pengaman pesawatShutterstock/MIA Studio Ilustrasi sabuk pengaman pesawat

Baca juga: Viral, Foto Pengendara Motor Tanpa Helm Kena ETLE di Persawahan

"Kalau penumpang di belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau seat belt, maka ketika terjadi tabrakan atau kecelakaan penumpang bisa terpental," ucap Marcell.

Saat terjadi kecelakaan, penumpang di baris kedua yang tidak memakai sabuk pengaman berpotensi untuk mencederai pengemudi dan penumpang yang ada di depannya.

"Memang yang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman adalah sopir dan penumpang yang ada di samping sopir, tetapi penumpang di belakang juga sebaiknya menggunakan seat belt," ucap Marcell.

Marcell menyarankan, penumpang mobil baik yang duduk di depan ataupun belakang sebaiknya tetap menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan. Sabuk pengaman tidak hanya wajib dipakai oleh pengemudi saja, namun semua penumpang yang ada di mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.