Kompas.com - 22/06/2022, 16:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - FIM merilis dokumen mengenai sepeda motor khusus kompetisi. Menariknya ada nama Yamaha YZF1000W yang ditengarai merupakan R1 versi kompetisi alias track only.

YZF1000W disinyalir merupakan R1 versi balap sangat mungkin. Sebab sebelumnya Yamaha pernah meluncurkan kode serupa yaitu YZF1000 yakni R1 Standar dan YZF1000D yang berarti R1M.

Baca juga: Sepekan Operasi Patuh 2022, Polisi Tindak Puluhan Ribu Pelanggar

Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umumMotosaigon.vn Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umum

Mengutip Greatbiker, dokumen YZF1000W ini disebut sudah didaftarkan FIM pada 9 Juni 2022. FIM telah meninjau dan menyetujuinya untuk disertifikasi dan diungkapkan secara online.

Analisa selanjutnya kode bahwa YZF1000W merupakan R1 track only sebab sebelumnya Yamaha pernah mengeluarkan kode serupa yaitu YZF600W yakni YZF-R6 versi balap dan cuma buat sirkuit.

Bukti lain untuk mendukung hipotesis tersebut yaitu VIN dengan kode JYACN07C. Kode "JYA" merupakan kode negara Jepang sebagai produsen, kemudian kode C pertama kemungkinan soal data motor.

Baca juga: Bahaya, Jangan Mengencangkan Mur Roda Mobil dengan Cara Ini

Yamaha R1M 2020Dok. Yamaha Global Yamaha R1M 2020

Kode selanjutnya kode N mewakili kapasitas mesin antara 751 cc hingga 1.000 cc. Sedangkan tiga digit angka terakhir mengacu pada wilayah dalam tahun penjualan, inspeksi, dan produksi.

Analisa yang berkembang R1 khusus trek balap ini akan meluncur pada 2023. Di mana kemungkinan akan meluncur bersamaan dengan vrsi facelift model massal.

Sebab R1 yang ada saat ini pertama kali muncul pada 2015 dan memiliki satu perubahan kecil pada 2020. Pada akhir 2022, R1 akan berusia tujuh tahun sehingga tahun depan akan ada ubahan besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.