Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknologi Baru, Pengecatan Motor Pakai Laser Hanya Butuh 3 Jam

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu modifikasi yang biasa dilakukan para pemilik kendaraan roda dua ialah mengubah warna bodi alias repaint. Sehingga, tampilan motor kesayangan menjadi lebih berkarakter dan berbeda.

Namun untuk melakukan perubahan tersebut bukanlah persoalan mudah. Pasalnya, banyak bengkel serupa di pasaran yang menawarkan beragam gimmick dan kelebihan seperti berharga miring alias murah.

Tapi soal kecepatan dan kepresisian, belum tentu baik. Dengan celah ini, hadirlah Laser Painting Indonesia sebagai pilihan tempat repainting motor yang berlokasi di Ruko Asia Tropis AT15 no 53-55, Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat.

Dijelaskan Pemilik Laser Painting Indonesia, Marco Chendra menjelaskan nama Laser digunakan karena berkaitan dengan teknik menghilangkan atau membersihkan karat pada motor yang dimiliki sebelum dicat.

"Teknik yang kami miliki spesial menggunakan laser sehingga karat dapat hilang dengan cepat dan mudah, tak perlu ditunggu lama. Sampai proses selesai, mungkin tiga jam saja tergantung jenis motor dan kondisinya," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022) sore.

Selain itu jasa andalan lain dari bengkel Laser Painting Indonesia adalah repaint body dan juga repaint pelek motor dengan teknik dan cat spesial.

"Kita beri nama teknik itu speed painting, yakni pengerjaan hanya butuh waktu tiga jam saja body atau pelek yang dicat sudah selesai," ujarnya.

Seluruh proses tersebut, kata Marco, menggunakan angin karena tidak bisa memuai. Kemudian, angin yang dihasilkan kompressor dialirkan ke refrigerated air dryer agar kadar air menurun sampai 15 persen.

Apabila angin langsung dari kompressor digunakan untuk mengecat bodi atau pelek motor, kandungan air dapat mencapai 50 persen. Sementara air bisa membuat pengecatan tidak maksimal.

"Musuh bengkel painting itu nomor satu ialah air. Apabila kadar air masih tinggi hasil pengecatan tidak akan maksimal seberapa bagusnya material yang dipakai," ucap dia.

Soal harganya, Marco tidak bisa memastikan karena sangat tergantung pada jenis motor, dimensi kendaraan, kondisi komponen, dan lain-lain. Tapi sebagai patokkan, bisa dimulai dari Rp 250.000.

"Kalau part-part sudah banyak dempul, ada stiker, itu butuh proses lagi. Tentu akan memakan dana yang lebih besar daripada yang sudah clear dan dicopot part-partnya," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/20/175100915/teknologi-baru-pengecatan-motor-pakai-laser-hanya-butuh-3-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke