Update Kondisi Terakhir Marc Marquez Pasca-Operasi Keempat

Kompas.com - 19/06/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez belum benar-benar sembuh sejak cedera patah tulang pada lengan kanannya yang dialami pada 2020. Dia juga harus melakukan operasi yang keempat.

Marquez terpaksa mundur sejenak dari MotoGP 2022 untuk fokus pada penyembuhan cederanya. Dia harus melakukan operasi keempat agar bisa kembali balapan dengan kondisi yang prima.

Baca juga: Respons Marc Marquez soal MotoGP Disebut Kurang Aksi Salip-salipan

Selama ini, Marquez menahan rasa sakit pada lengannya. Dia mengaku tidak bisa balapan dengan normal. Meskipun, beberapa kali masih bisa menang atau naik podium.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Marquez melakukan operasi keempatnya di Mayo Clinic di Minnesota, Amerika. Belum lama ini, Marquez melakukan pemeriksaan pada Ruber International Hospital di Madrid bersama tiga dokter spesialis yang menanganinya.

"Pada Sabtu, saya melakukan pemeriksaan medis di Madrid, di mana itu membuat para dokter senang. Tangan saya akan tidak berfungsi untuk beberapa pekan ke depan. Jadi, saya tidak merasakan sakit sedikit pun, itu sangat penting," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: Marquez Absen, Yamaha Targetkan Kemenangan di Sachsenring

Marquez menambahkan, dengan rasa sakit yang tidak ada, maka dia pun bisa beristirahat dengan baik dan mengikuti saran dari para dokter.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Makan makanan yang sehat, minum yang banyak, dan menghabiskan waktu bersama anjing saya, karena latihan yang sedang itu penting untuk badan. Nasihat paling penting yang diberikan dokter adalah tetap tenang dan bersabar," kata Marquez.

Menurut dr. Joaquin Sanchez Sotelo, yang melakukan operasi pada Marquez di Mayo Clinic, dia cukup puas dengan perkembangan pebalap Repsol Honda tersebut.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Marc Marquez melewati operasi dengan baik dan sekarang akan memulai rehabilitasi. Rencana latihannya termasuk latihan terkontrol yang berfungsi untuk menggerakkan bahu dan sikut secara pasif. Dalam beberapa pekan, kami akan memulai penyelidikan lainnya," ujar dr. Joaquin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.