Respons Marc Marquez soal MotoGP Disebut Kurang Aksi Salip-salipan

Kompas.com - 17/06/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya mengomentari isu bahwa balapan MotoGP saat ini mulai membosankan karena kurang salip-salipan.

Marc yang sebelumnya pernah mengatakan hal serupa itu menganalisis bahwa MotoGP jadi minim overtake setelah adanya komponen holeshot atau pengatur penurun suspensi saat start.

Alasannya kata Marc, dengan memakai teknologi itu motor jadi lebih kencang saat di trek lurus. Tapi titik pengereman juga berubah kemudian saat berusaha memaksa belok atau menyalip di tikungan maka akan melebar.

Baca juga: Penumpang Bus Masih Membutuhkan Fitur Hiburan di Kabin?

Hasil MotoGP Catalunya 2022: Pebalap Yamaha Fabio Quartararo memenangi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada Minggu 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Hasil MotoGP Catalunya 2022: Pebalap Yamaha Fabio Quartararo memenangi MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada Minggu 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

"Ini berarti trek lurus menjadi lebih pendek, begitu juga dengan bagian pengereman, meskipun yang terakhir lebih intens dan efek bangunnya kurang terlihat. Oleh karena itu, semuanya jadi lebih cepat," kata Marc mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (17/6/2022).

"Dan setiap kali Anda mencoba untuk menyalip Anda berakhir melebar," kata Marc.

Holeshot yang awalnya hanya dipakai ketika start kemudian berkembang jadi ride height device. Perangkat yang pertama kali diuji oleh Ducati, memungkinkan pebalap merendahkan bagian depan motor mereka saat menikung.

Perangkat ini akan mencegah roda depan terangkat setelah keluar dari tikungan. Tapi karena meningkatkan kecepatan hingga taraf yang membahayakan komisi MotoGP memutuskan ride height device dilarang mulai 2023.

Baca juga: Sering Macet, Pemerintah Berniat Bangun Jalan Tol Puncak

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Juara dunia MotoGP 2019 itu mengatakan, lebih baik mencontoh Formula 1. Saat ini menurutnya catatan waktu ajang balap "jet darat" itu lebih lambat tapi tidak penonton tidak sadar. Penonton ingin ada aksi salip-salipan bukan catatan waktu.

"Hari ini single-seaters sedikit lebih lambat, tapi tidak ada yang menyadarinya. Kehilangan satu detik dalam satu lap tidak berubah. Orang ingin melihat pertempuran seperti yang terjadi di WSBK di Estoril," kata Marc.

"Ini adalah elemen kunci untuk masa depan disiplin. Sesuatu di mana pebalap maupun tim sendiri tidak dapat memutuskan, karena mereka tidak akan pernah setuju dan karena setiap orang ingin menang," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.