4 Hari Operasi Patuh Candi 2022, Terjaring 34.677 Pelanggar

Kompas.com - 19/06/2022, 07:22 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Operasi Patuh Candi 2022 resmi digelar serentak Polda Jawa Tengah dari tanggal 13 Juni 2022 - 26 Juni 2022. Selama 4 hari pelaksanaan razia petugas satuan lalu lintas mencatat rekor fantastis kasus pelanggaran 7 jenis poin penindakan. 

"Pelanggar masih tergolong tinggi, sebanyak 34.677 pelanggar berhasil tertangkap kamera ETLE baik yang mobile maupun yang statis,'' jelas Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho dalam keterangan pers pada Sabtu, (18/6/2022).

Angka jumlah tersebut sebanyak 29.621 pelanggar tervalidasi dan penerbitan surat sebanyak 29.055, yang konfirmasi sebanyak 8.272 pelanggar, dan jumlah Briva 7.805 serta STNK diblokir sebanyak 3 pelanggar.

''Dari angka yang kita dapatkan, bisa disimpulkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah,'' ucap Agus.

Baca juga: Ingat, Mobil Banyak Pakai Aksesoris Bisa Bikin Aki Cepat Tekor

Sejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.(ANTARA FOTO/ARNAS PADDA) Sejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.

Adapun selama Operasi Patuh Candi 2022, petugas melakukan tindakan humanis dan lebih banyak sosialisasi tertib berlalu lintas untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

''Kita menitikberatkan pada kegiatan edukasi dan preventif, kegiatan penegakan hukum selama Operasi Patuh Candi 2022 kita laksanakan melalui kegiatan elektronik dan kegiatan teguran simpatik,'' kata Agus.

Agus mengatakan, jumlah kasus pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran prioritas dalam Operasi Patuh Candi 2022 ini adalah melawan arus, knalpot bising atau tidak sesuai standar.

Penindakan lainnya, termasuk pengemudi mobil pribadi memasang rotator yang tak sesuai peruntukan dan melanggar hukum, aksi balap liar dan kebut-kebutan.

''Ternyata juga masih banyak yang menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan helm SNI, tidak memakai sabuk pengaman dan berboncengan motor lebih dari 1 orang,'' ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.