Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Absen Balap, Marquez Bakal Lengser Jadi King Sachsenring

Kompas.com - 14/06/2022, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez memiliki rekor yang fantastis pada MotoGP Jerman yang digelar di Sirkuit Sachsenring. Sejak 2010, dirinya tak terkalahkan di sirkuit tersebut.

Saat masih balapan di kelas 125 cc hingga naik ke MotoGP, Marquez selalu berhasil menaklukkan trek yang didominasi tikungan ke kiri itu.

Baca juga: Pol Espargaro Pasrah, Motor Honda RC213V Marquez Dipakai Nakagami

Selama di kelas MotoGP, Marquez sudah menang delapan kali berturut-turut sejak 2013. Musim 2020 menjadi pengecualian, di mana balapan ditiadakan karena pandemi. Tak heran jika pebalap Repsol Honda tersebut dijuluki 'King of Sachsenring'.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (depan) ketika memimpin balapan MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)AFP/ RONNY HARTMANN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (depan) ketika memimpin balapan MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Tahun ini, Marquez harus merelakan rekor tersebut dipatahkan. Sebab, dia harus beristirahat untuk memulihkan cedera pada lengannya sehabis menjalani operasi keempat.

Musim ini, Fabio Quartararo diyakini menjadi pebalap yang dapat mematahkan rekor Marquez. Karakter Sirkuit Sachsenring yang didominasi tikungan diyakini cocok dengan karakter Yamaha YZR-M1, di mana top speed juga tidak terlalu diutamakan.

Baca juga: Analisis Marc Marquez Buat Pengembangan Motor RC213V

Tahun lalu, KTM tampil sangat kompetitif di trek ini. Miguel Oliveira finis kedua dan Brad Binder di urutan keempat. Aleix Espargaro dipercaya bisa memberi kejutan kali ini.

Sachsenring juga bukan sirkuit yang cocok untuk Ducati. Terakhir kali Ducati naik podium di trek ini pada musim 2016 berkat Andrea Dovizioso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com