Ingat, Mobil Banyak Pakai Aksesoris Bisa Bikin Aki Cepat Tekor

Kompas.com - 18/06/2022, 16:49 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambahkan aksesoris pada mobil memang menyenangkan khususnya pada hal-hal yang berhubungan dengan elektronik.

Mengganti head unit dengan layar yang lebih besar, menambah speaker mobil, menambah lampu, memasang kamera, custom alarm, modifikasi klakson dan lain sebagainya.

Sayangnya, kemampuan aki atau baterai dalam menyuplai arus listrik ada batasannya. Bahkan, alternator pun yang sering dijadikan sebagai sumber tenaga listrik saat mesin mobil menyala pun ada batasannya. Sehingga, menambahkan aksesoris yang melebihi kemampuan baterai atau alternator dapat mempercepat rusak baterai.

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, penambahan aksesoris di luar kemampuan bisa membuat aki cepat rusak, solusinya yaitu melakukan upgrade kapasitas aki, itu pun ada batasannya.

Baca juga: Modifikasi Hedon Toyota Kijang Innova, Tampil bak Lamborghini Urus

Interior Modifikasi Toyota Vellfire menjadi Lexus LM 350Harpit Singh Interior Modifikasi Toyota Vellfire menjadi Lexus LM 350

“Benar, beban yang terlalu besar bisa memperpendek usia aki, bisa juga dengan mengganti aki dengan yang lebih besar, tapi itu hanya mampu dinaikkan sekitar 20 persen dari kapasitas aki bawaan pabrik, menyesuaikan kemampuan alternator,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com Kamis (16/6/2022)

Logikanya, ketika beban listrik yang ditanggung oleh suatu kendaraan lebih besar dari kemampuan dalam melakukan pengisian listrik, maka kondisi aki menjadi sering kurang. Ini terjadi lantaran alternator tidak mampu memenuhi kebutuhan pengisian aki.

Alhasil, aki yang tidak terisi penuh lambat laun akan cepat drop ketika digunakan untuk menstarter mobil setiap pagi. Seperti yang diketahui, daya yang dibutuhkan untuk memutar motor starter itu relatif besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.