Sudah Terintegrasi, Kendaraan di Bodetabek Bisa Uji Emisi di Jakarta

Kompas.com - 18/06/2022, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, kendaraan bermotor dari daerah penyangga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) bisa melakukan uji emisi di DKI Jakarta.

Hal ini karena setiap Unit Pelayanan Penguji Kendaraan Bermotor (UP PKB) di wilayah Ibu Kota telah terintegrasi ke dalam sistem Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Namun, yang bisa dilakukan oleh kendaraan bermotor dari wilayah terkait hanyalah uji emisi saja, belum bisa melanjutkan ke tahap uji KIR.

Baca juga: Ini Pelat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia

Pemkot Jakpus menggelar uji emisi gratis kendaraan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada Rabu (30/3/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Pemkot Jakpus menggelar uji emisi gratis kendaraan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada Rabu (30/3/2022).

"Namanya numpang nguji emisi, bukan numpang uji KIR," kata dia belum lama ini.

Marullah mengatakan, saat ini DKI Jakarta memiliki lima UP PKB. Salah satunya baru kembali beroperasi, yaitu UP PKB Jagakarsa.

Khusus UP PKB Jagakarsa terdapat fasilitas lengkap uji KIR, mulai dari pemeriksaan surat, uji emisi, kecepatan roda, kekuatan pengereman hingga tes akurasi sorotan lampu.

Baca juga: Fungsi Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik

UP PKB Jagakarsa yang dibuka Selasa (14/6/2022) kemarin memiliki dua lajur pemeriksaan dengan kapasitas 220 kendaraan roda empat per hari.

"Kendaraan mereka bisa dilayani di Jagakarsa yang bisa melayani sekitar 220-an. Kita punya dua lajur, satu lajur 110, kira-kira 220 (kendaraan) per hari," ucap Marullah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.