Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Starlet GT Turbo Lawas Dibanderol Nyaris Rp 200 Juta

Kompas.com - 18/06/2022, 12:30 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Starlet merupakan salah satu hatchback ternama di Indonesia. Mobil ini mulai dipasarkan sekitar 1985 dan akhirnya berhenti diproduksi pada 1998.

Dulu Starlet dijual sebagai mobil entry level atau mobil pertama bagi sebagian orang. Kini setelah nyaris 20 tahun setelah discontinue, harga jual Starlet berada di sekitar Rp 50 jutaan.

Menilik sejarahnya di Indonesia, Toyota Starlet secara garis besar dibagi menjadi dua jenis dalam dua periode pemasaran yang berbeda, yakni Starlet Kotak dengan kode sasis EP70, dan Starlet Kapsul dengan sasis EP80.

Namun selain kedua jenis Starlet tersebut, kalangan pecinta otomotif Tanah Air juga mengenal eksistensi Starlet GT Turbo dengan spesifikasi yang berbeda.

Baca juga: Ganti Oli Transmisi Mobil Matik, Bukan Hanya Berdasarkan Jarak Tempuh

Starlet GT sendiri umumnya masuk ke Indonesia melalui importir umum. Oleh sebab itu populasinya terbilang sedikit, bahkan langka. Karena spesifikasinya yang lebih tinggi dibanding Starlet kebanyakan, harganya jauh lebih tinggi.

Seperti Toyota Starlet GT Turbo EP71 tahun 1988 yang dipasarkan oleh akun Instagram bernama 77rshop.

Pada postingan itu tertulis bahwa Toyota Starlet yang cukup jarang unitnya dibanderol dengan harga setara mobil LCGC baru, yakni Rp 199 juta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 77 R (@77rshop)

 

Bukan tanpa alasan mobil tersebut dibanderol dengan harga yang fantastis. Selain karena unitnya yang langka, Toyota Starlet berwarna biru nyentrik ini memiliki tampilan yang ciamik, dengan restorasi penuh part orisinal.

Pada bagian interior, pemilik mobil menyematkan jok Recaro Lemans yang dilengkapi dengan sunroof sehingga membuat tampilan kabin mobil lawas ini terlihat modern dan estetik.

Dalam narasi unggahan tersebut juga tertulis bahwa Toyota Starlet GT Turbo EP71 tahun 1988 itu dipelihara dengan baik oleh pemiliknya, pajak aktif dan full paper.

Baca juga: Kenali Gejala Aki Mobil Mulai Lemah

Seperti diketahui, beberapa varian Starlet memang ada yang tembus ratusan juta rupiah. Khususnya model-model yang berstatus CBU (Completely Build Up).

Arie Soetjipto, salah satu penggemar Starlet asal Jakarta mengatakan, bahwa Starlet CBU merupakan mobil yang langka di Indonesia. Menurutnya, Starlet tipe CBU tidak memiliki patokan harga yang jelas.

“Bahkan di komunitas ISC, Starlet GT Turbo tiga pintu orisinal cuma ada satu unit, harganya dijual suka-suka,” ucapnya beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com